Lihat Foto Tim Barcelona Ini! Bikin Malu La Masia

Lihat Foto Tim Barcelona Ini! Bikin Malu La Masia
Starting XI Barcelona saat meladeni Celta Vigo jadi omongan. Foto: Diario AS

jpnn.com, VIGO - Hasil imbang 2-2 yang diraih Barcelona di kandang Celta Vigo, Rabu (18/4) dini hari tadi meninggalkan sebuah sejarah.

Untuk pertama kalinya sejak 2002 atau 16 tahun yang lalu, tak satu pun jebolan La Masia (akademi sepak bola Barcelona) menyumbang pemain dalam starter Barca.

Dalam laga itu, entrenador Ernesto Valverde menurunkan Ter Stegen; Semedo, Yerry Mina, Vermaelen, Digne; Paulinho, Andre Gomes, Denis; Dembele, Alcacer dan Coutinho. Tak satu pun dari starting XI itu merupakan lulusan La Masia.

Para alumni La Masia seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Sergi Roberto, tidak diturunkan Valverde sebagai starter. Messi dan Roberto kemudian merumput di babak kedua.

Kemungkinan besar, Valverde merotasi pasukannya untuk persiapan meladeni Sevilla di final Copa del Rey, akhir pekan ini.

Namun, sadar atau tidak, Valverde sudah mencoreng nama besar La Masia, yang digadang-gadang sebagai akademi terbaik di Spanyol.

'Insiden' ini pernah terjadi pada 2002, saat Barcelona menghadapi Athletic Bilbao. Ketika itu starter Barca adalah Bonano; Reiziger, Christanval, Abelardo, Coco; Cocu, Rochemback; Luis Enrique, Rivaldo, Overmars; dan Saviola. Tak satu pun La Masia.

Kepada AS, Wakil Presiden Barcelona, Jordi Mestre mengakui saat ini sangat sulit menemukan produk La Masia seperti generasi Iniesta, Pique, Busquets, Messi atau Pedro. Atau generasi sebelumnya: Xavi, Carles Puyol dan Victor Valdes.

Untuk pertama kali sejak 2002, tak ada pemain lulusan La Masia di starting XI Barcelona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News