Lihat Nih, Kapal Selam Anyar TNI AL Buatan Dalam Negeri

Lihat Nih, Kapal Selam Anyar TNI AL Buatan Dalam Negeri
Kapal selam KRI Alugoro-405 saat siap diresmikan pengoperasiannya, di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL di Surabaya, Jawa Timur. Foto: antara/Zabur Karuru/hp.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyerahkan kapal selam Alugoro-405 kepada Mabes TNI yang selanjutnya diserahkan ke TNI AL dan Pangkoarmada II selaku pengguna.

Proses penyerahan kapal tersebut dilakukan di PT PAL Indonesia, Surabaya, dan dihadiri oleh  Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Alugoro-405 adalah kapal selam buatan industri dalam negeri PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) dari Korea Selatan. 

Menhan Prabowo Subianto menyebutkan selesainya pengerjaan Alugoro-405 menjadi tonggak historis bagi Indonesia. Sebab, pertama kalinya galangan kapal milik perusahaan nasional ikut dalam produksi kapal selam.

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi semua untuk membangun tentara ke arah yang lebih kuat lagi," kata Prabowo dalam keterangan resminya kepada awak media, Rabu (17/3).

Melalui perencanaan strategis mengenai modernisasi alutsista, lanjut Menhan Prabowo, seluruh industri pertahanan dalam negeri wajib diikutsertakan dalam proses peremajaan seluruh alat pertahanan negara.

Menhan Prabowo memaparkan bahwa alat pertahanan banyak yang sudah sangat tua dan sudah saatnya diremajakan. Untuk itu, peran dari industri pertahanan akan sangat menonjol.

"Kami harap peran serta, inisiatif, kerja keras  teknolog-teknologi kita, sarjana-sarjana kami, cendekiawan kita, dari ahli-ahli kita. Kita harap semua bersatu untuk kerja keras," beber Prabowo.

Kapal selam Alugoro-405 buatan industri dalam negeri PT PAL Indonesia yang bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) dari Korea Selatan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News