Lihat Nih Pesawat Tempur TNI AU dan Singapura Beraksi di Udara

Lihat Nih Pesawat Tempur TNI AU dan Singapura Beraksi di Udara
Pesawat tempur TNI AU di Meet in The Air. Foto: dok TNI AU

jpnn.com, PEKANBARU - Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Angkatan Udara Singapura (CAF RSAF), Major General Kelvin Khong Boon Leong mengadakan pertemuan di udara (Meet In The Air) menggunakan 9 pesawat tempur F-16 dari kedua angkatan udara baru-baru

Pada “Meet In The Air” ini, TNI AU melibatkan empat pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, sementara RSAF melibatkan lima pesawat tempur F-16 dari Squadron 143 Tengah Air Force Base, Singapura.

Kesembilan pesawat tempur tersebut, melaksanakan terbang formasi dari pangkalan udara masing-masing menuju tempat pertemuan di training area Lanud Roesmin Nurjadin.

Pada pertemuan di udara tersebut, dari kokpit pesawat F-16, Kasau menyapa CAF RSAF dan menyampaikan ungkapan rasa senang bisa bertemu di udara menggunakan pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara. Ungkapan Kasau tersebut disambut langsung oleh CAF RSAF dengan ungkapan yang sama.

“Selamat pagi Pak Fadjar, Kami juga senang bisa berjumpa dan memperingati peringatan ke 40 ini dengan terbang bersama pada hari ini,” ujar Major General Kelvin Khong Boon Leong dari kokpit pesawat F-16.

“Selama 40 tahun merupakan suatu pertanda bahwa hubungan angkatan udara kita sangat erat yang dapat ditunjukan kepada dunia,” sahut Kasau.

Pada dialog di udara tersebut, kedua pimpinan angkatan udara tersebut sepakat, momen terbang bersama ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan dapat dijadikan contoh untuk generasi muda dalam memahami satu sama lain, dan akan mempererat hubungan antara kedua ungkatan udara.

Pada saat pertemuan di udara tersebut, 4 pesawat F-16 TNI AU dengan call sign Rydder flight dan 5 pesawat F-16 RSAF dengan call sign Rejoice flight bergabung di udara membentuk formasi mata panah “arrowhead formation” pada ketinggian 10.000 Feet di atas permukaan air laut.

TNI AU melibatkan empat pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin saat Meet in The Air dengan angkatan udara Singapura.