Lihat Nih, Tim Inspeksi KRI Cakalang-852

Lihat Nih, Tim Inspeksi KRI Cakalang-852
Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri menyambut Tim Commodor Inspection KRI Cakalang-852 saat melaksanakan peninjauan dan inspeksi KRI Cakalang-852 di galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten. FOTO: Dispen Koarmabar

jpnn.com - JAKARTA - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri menerima kunjungan Tim Commodor Inspection KRI Cakalang-852.

Kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan dan inspeksi KRI Cakalang-852 di galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) Banten, Jalan Raya Salira Bojonegara, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Banten, pekan lalu.

Tim Commodor Inspection KRI Cakalang-852 terdiri dari Irops Itjenal Laksamana Pertama (Laksma) TNI Aru Sukmono selaku Ketua Tim didampingi oleh Waasops Kasal Laksma TNI I.G.N Putu W, Kadislaikmatal Laksma TNI Mulyanto, Kadisadal Laksma TNI Prasetya N, Kasubdis Dal Ada Disadal Kolonel Laut (T) Andi Djaswadi, dan Kasubdis Adalut Disadal Kolonel Laut (T) Edhi P.

Tim disambut oleh Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Dadang Somantri, GM PT. CMS Banten Bpk Agus Uni, Dansatgas PC 40 M Kolonel Laut (T) AL Sunaryo, Dansatgas PC 43 M Letkol Laut (T) Tedy Bernard, para perwira Staf Lanal Banten serta jajaran Direksi PT. CMS Banten di Kantor Office 3A Galangan Kapal PT. CMS Banten.

KRI Cakalang-852 memiliki panjang (Loa) 44,40 meter, lebar (B.Max) 7,40 meter dan tinggi tengah kapal (Dmld) 3,40 meter.  Kapal ini memiliki mesin utama 3 x 1800 Hp dengan putaran mesin 2300 rpm, kecepatan maksimum mencapai 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan daya jangkau 1632 Nm. Kapal dengan bobot 230 ton ini mampu memuat tanki bahan bakar hingga 56.000 liter.

Pada kesempatan tersebut, Irops Itjenal Laksma TNI Aru Sukmono menjelaskan tentang tujuan kunjungan yang dilakukan tim yang dipimpinnya. Menurutnya, tujuan Tim adalah untuk mengetahui bagaimana hasil yang telah dicapai oleh perusahaan galangan kapal PT. CMS Banten dalam rangka menerima pesanan kapal patroli dari TNI AL berupa KPC 43 M yaitu KRI Cakalang-852.

Terutama dalam hal mengetahui ketangguhan, ketahanan dan kecepatan karena TNI Angkatan Laut baru pertama kali memesan kapal ke PT. CMS Banten.

Ia juga berharap agar perusahaan bisa di percaya memaksimalkan dan mengembangkan pembangunan pembuatan alutaista TNI menjadi semakin baik dan lebih berkembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News