Lihat Nih, Venue Skate Board Asian Games 2018 Belum Tuntas

Lihat Nih, Venue Skate Board Asian Games 2018 Belum Tuntas
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan venue skateboard di Komplek JSC. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

jpnn.com, PALEMBANG - Sejumlah venue Asian Games 2018 di kawasan Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang, Sumsel, belum sepenuhnya selesai.

Di antaranya adalah voli pantai, panjat tebing, dan roller sport (roller skate-skate board). Bahkan khusus skate board itu realisasinya baru 23,46 persen.

Padahal, dua bulan lagi, Juni 2018, semuanya harus tuntas. Masuk persiapan dan uji coba.

Khusus venue di luar cabor, beberapa fasilitas juga masih proses pembangunan. Sebut saja, rusunami dan pembangunan landscape di kawasan JSC.

Pantauan sumeks.co.id (Jawa Pos Group) ini di arena panjang tebing (9/4) siang. Sejumlah pekerja melakukan pekerjaan seperti memasang papan dinding, konstruksi besi, dan sarana pendukung dari pembangunan gapura, pamasangan coneblock, hingga pengerasan tanah beberapa bagian arena.

Pekerjaan itu dihandel oleh 3 kontraktor berbeda. Yakni CV Cipta Agung mengerjakan papan dinding, PT Tata Laksana konstruksi besi, dan PT Duta Mandiri menyelesaikan sarana pendukung, seperti gerbang, pagar, coneblock, dan lainnya. Pengawas Lapangan CV Cipta Agung, Firman menjelaskan, khusus pengerjaan papan dinding itu progresnya sudah 45 persen.

“Harusnya 60 persen, tapi karena papannya harus kami bongkar lagi, jadi persentase penyelesaiannya turun,” jelasnya ditemui di lokasi proyek, kemarin. Pembongkaran itu terpaksa dilakukan karena konstruksi besi yang dikerjakan PT Tata Laksana belum selesai. “Mereka mau menaikkan besi konstruksi, jadi khwatir merusak papan dinding ya terpaksa dibongkar dulu,” ujarnya. Penghentian itu juga demi keamanan. Menunggu konstruksi besi benar-benar selesai.

Namun pekerja PT Tata Laksana, Erwin mengaku pihaknya sulit bekerja lebih cepat karena beberapa kendala, seperti faktor cuaca. "Kalau hujan pekerjaan harus dihentikan. Selain berhubungan dengan listrik, juga kontruksi di atas licin. Rawan kecelakaan dan sambaran petir," katanya. Apalagi pekerjaan itu tak menggunakan crane untuk menaikkan besi konstruksi, tetapi manual dengan derek. “Kalau pekerjaan kita sudah 60 persen, target kami selesai pertengahan April,” bebernya.

Sejumlah venue Asian Games 2018 di kawasan Jakabaring Sport Center (JSC), Palembang, Sumsel, belum sepenuhnya selesai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News