Lihat, Para Pemain Sriwijaya FC Dimasukkan ke Drum

Lihat, Para Pemain Sriwijaya FC Dimasukkan ke Drum
Para pemain Sriwijaya FC menjalani terapi air es. Foto: Sumatera Ekspres/JPG

jpnn.com - PALEMBANG - Para pemain Sriwijaya FC kemarin (15/2) menggelar latihan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. ak hanya latihan fisik, materi pematangan strategi juga diberikan sang pelatih, Benny Dollo beserta asisten pelatih Hartono Ruslan. 

Materi latihan yang diberikan pun termasuk cukup berat. Hal tersebut mengingat waktu persiapan jelang Turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur semakin dekat.

Namun usai sesi latihan, tidak seperti biasanya, para pemain tidak langsung dibubarkan. Para penggawa klub Laskar Wong Kito ini justru diminta masuk ke dalam drum berisi air es. Ternyata ini adalah cara recovery atau pemulihan yang disebut krioterapi, atau terapi air es.

Menggunakan empat drum yang terdiri dari dua drum berisi air es dan dua drum berisi air bersuhu normal. 

Terapi ini diyakini sangat ampuh untuk pemulihan para pemain usai melahap sesi latihan yang cukup berat. Metode terapi ini telah digunakan di banyak tim luar, termasuk juga Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19.

“Saat ini intensitas latihan sedang padat. Jadi para pemain butuh metode untuk recovery, sudah kita lakukan mulai dari massage, renang, dan termasuk tadi terapi es. ,” terang Pelatih Fisik, Troy Medicana usai latihan.

Metode ini sendiri  pernah dilakukan para penggawa Laskar Wong Kito di musim kompetisi Qatar National Bank League (QNBL) 2015. Saat itu, anak asuhan Beny Dollo harus melakukan recovery cepat menginggat jadwal kompetisi yang padat.

Secara bergantian, Bayu Gatra dan kawan-kawan masuk ke dalam empat gentong yang sudah berisi air dan balok es. "Terapi es ini juga untuk mencegah cedera. Satu pekan ini kemungkinan akan terus kila lakukan, kurang lebih tiga kali seminggu," jelasnya.

PALEMBANG - Para pemain Sriwijaya FC kemarin (15/2) menggelar latihan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. ak hanya latihan fisik, materi pematangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News