Lihat Penampakan Pasukan Komcad yang Dikukuhkan Mayjen Budi

Lihat Penampakan Pasukan Komcad yang Dikukuhkan Mayjen Budi
Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengukuhkan komponen cadangan pertahanan negara di Kalimantan Selatan, Jumat (26-8-2022). ANTARA/Firman

jpnn.com, BANJARBARU - Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengukuhkan 500 pasukan komponen cadangan (Komcad) pertahanan negara di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Jumat (26/8).

Pengukuhan pasukan Komcad itu berlangsung di lapangan Kejujuran Rindam VI/Mulawarman di Banjarbaru.

Menurut Mayjen Budi, para anggota komponen cadangan tersebut telah mengikuti latihan pendidikan dasar militer selama 3 bulan.

Dia juga menjelaskan Komcad matra darat itu bersifat sukarelawan dengan rekrutmen melalui pendaftaran di berbagai sumber yang dilaksanakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Mayjen Budi menegaskan bahwa bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan juga tugas dan kewajiban semua rakyat.

"Anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara," ucap Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Jenderal TNI bintang dua itu menyampaikan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan masyarakat untuk ikut serta menjadi bagian dari Komcad.

Hal itu menurut Budi merupakan wujud tanggung jawab bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengukuhkan 500 pasukan komponen cadangan (Komcad) Kalsel. Mereka selalu siaga dan siap dikerahkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News