Lihat, Presiden Jokowi Berada di Pesawat Tempur, Sinyal untuk Siapa?

Lihat, Presiden Jokowi Berada di Pesawat Tempur, Sinyal untuk Siapa?
Presiden Joko Widodo (tengah) berada di pesawat tempur Sukhoi SU-27/30 MK dalam puncak Latihan Tempur Angkasa Yudha 2016 di Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/10). Foto: Setwapres

jpnn.com - NATUNA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan unjuk kekuatan di Pulau Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya di Lanud Ranai, Natuna, kemarin (7/10). 

Unjuk kekuatan di tengah suhu panas politik luar negeri di Laut Cina Selatan ini sebagai rangkaian akhir dari latihan Angkasa Yudha 2016 oleh TNI AU, yang dilakukan berselang hanya sehari dari HUT  ke-71 TNI.

Gelaran unjuk kekuatan oleh TNI AU tersebut melibatkan puluhan pesawat tempur, pesawat angkut, dan helikopter dari berbagai jenis. Yakni 44 pesawat tempur dari jenis Sukhoi, F-16, T-50i, Hawk, dan Super Tucano. 

Kemudian 14 pesawat angkut jenis C-130, C-295, dan C-212. Serta 6 helikopter jenis NAS 332, dan SA 330. 

Kegiatan tersebut juga melibatkan 4 pesawat tanpa awak (drone) yang digunakan sebagai sasaran tembak rudal dan pemantauan sasaran dari udara.

Pesawat tempur yang dikerahkan TNI AU dalam latihan puncak tersebut mensimulasikan pertempuran di udara. 

Selain itu, pesawat tempur yang didatangkan dari berbagai skuadron di seluruh Indonesia tersebut mempertontonkan penghancuran target dari udara.

Selain memamerkan kemampuan tempur dari pesawat yang dimiliki, TNI AU melalui latihan puncak tersebut juga menampilkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern. 

NATUNA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan unjuk kekuatan di Pulau Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya di Lanud Ranai, Natuna, kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News