Lihat, Wamendag Makan di Warung, Waktunya 7 Menit 38 Detik Saja

Lihat, Wamendag Makan di Warung, Waktunya 7 Menit 38 Detik Saja
Wamendag Jerry Sambuaga mencoba makan di warung dan ternyata waktunya tidak sampai 20 menit. Foto: Humas Kemendag RI

jpnn.com, SOLO - Sejak sepekan ini, pemerintah sudah mengizinkan warung bisa menerima pelanggan makan di tempat dengan syarat protokol kesehatan (prokes) ketat.

Salah satunya dengan waktu makan hanya 20 menit. Untuk melihat langsung sejauh mana kebijakan tersebut bisa dioperasikan oleh warung, khususnya yang setingkat warteg dan warung Padang di masa PPKM Darurat, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mencoba langsung. 

Kali ini dia makan di sebuah warung sekitar Stasiun Balapan, Solo. Hasilnya, ternyata Jerry bisa menyelesaikan makan dengan waktu 7 menit 38 detik.

“Tadinya saya kira kalau kita makan itu lama. Ternyata setelah tadi dicoba makan bersama para staf cuma 7 menit 38 detik. Jadi terbukti bahwa jika kita taat prokes dan disiplin, waktu 20 menit itu sangat bisa diimplementasikan," kata Wamendag Jerry, Minggu (1/8).

Dalam pengamatan lapangan langsung itu juga Jerry menemukan, ternyata kultur makan di warung Indonesia lebih banyak didominasi berbincang dengan orang lain dan nongkrong yang justru lebih lama dari waktu makannya.

Mengingat masih dalam masa pandemi, dia berharap agar kebiasaan nongkrong berlama-lama di warung itu bisa ditinggalkan dulu.

Menurut Jerry, ini adalah jalan tengah dan formulasi terbaik dalam kondisi pandemi ini. Artinya, warung bisa tetap buka dan pelanggan bisa tetap makan di tempat tetapi harus sadar bahwa waktunya harus sesingkat mungkin dan tidak menghabiskan waktu lama berbincang dengan orang lain,

"Karena saat ngobrol kemungkinan penyebaran virus sangat mungkin terjadi," ucapnya.

Aturan makan PPKM Darurat hanya 20 menit ternyata cukup memadai bila tidak mengobrol dengan orang lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News