Lima Cara Mencegah Kantung Kemih Terlalu Aktif

Lima Cara Mencegah Kantung Kemih Terlalu Aktif
Ada 5 cara mencegah kantung kemih terlalu aktif. Foto: Foxnews

jpnn.com - JIKA Anda terus-menerus kamar mandi dan memiliki dorongan untuk terus buang air kecil atau bangun pada malam hari hanya sekali lagi untuk buang air, maka mungkin memiliki kantung kemih terlalu aktif. Ini adalah masalah yang umum, karena sekitar 40 persen wanita dan 30 persen pria di AS memiliki gejala kandung kemih terlalu aktif, menurut Yayasan Urology Care.

Kantung kemih terlalu aktif (OAB) dapat disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti prolaps panggul pada wanita atau prostat yang membesar pada pria, otot kandung kemih tidak bekerja dengan baik karena usia, atau masalah neurologis seperti stroke atau herniated disc.

Jika gejala kandung kemih terlalu aktif maka akan berdampak hidup Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Temui dokter Anda

"Dokter Anda akan mengevaluasi gejala Anda, melakukan pemeriksaan dan menjalankan tes untuk mencari tahu mengapa Anda mengalami gejala-gejala tersebut. Kadang-kadang OAB dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, yang dapat dideteksi oleh urinalisis dan disembuhkan dengan obat-obatan," kata direktur Pusat Kesehatan dan Pelvic Reconstructive Surgery di Arthur Smith Institute for Urologi di Long Island, NY, Dr. Farzeen Firoozi, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (19/8).

2. Catat Buku Harian

Dokter mungkin meminta Anda untuk menyimpan buku harian berkemih untuk melacak apa yang Anda minum, berapa banyak dan seberapa sering Anda ke kamar mandi.

"Ini benar-benar memberi Anda ukuran yang obyektif tentang bagaimana buruk gejala OAB," kata Firoozi.

JIKA Anda terus-menerus kamar mandi dan memiliki dorongan untuk terus buang air kecil atau bangun pada malam hari hanya sekali lagi untuk buang air,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News