JPNN.com

Lima Desa di Kotabaru Kalsel Terendam Banjir

Minggu, 09 Juni 2019 – 19:36 WIB Lima Desa di Kotabaru Kalsel Terendam Banjir - JPNN.com

jpnn.com, KOTABARU - Hujan yang turun sejak Sabtu (8/6/2019) siang hingga malam mengakibatkan lima desa di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), terendam banjir.

Berdasar data Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT Kalsel, hujan dengan intensitas tinggi berlangsung sejak pukul 04.00 Wita hingga 14.00. “Banjir menyebabkan genangan air di lima desa di Kabupaten Kotabaru,” kata Ketua MRI Kotabaru Hamas Al Qasam, Minggu (9/6/2019).

Kelima desa yang tertimpa banjir yakni Desa Baharu, Desa Teluk Gosong, Desa Stagen, Desa Gunung Sari, dan Desa Sungup Kanan.

Hamas menerangkan, curah hujan yang tinggi juga menyebabkan Embung (bendungan) Tirawan jebol. Hal itu membuat pasokan air di beberapa wilayah di Kotabaru terganggu.

BACA JUGA: Puluhan Rumah Warga Hanyut Dihantam Banjir Bandang

Atas banjir tersebut, MRI-ACT di Kotabaru beserta tim SAR gabungan telah melakukan aksi tanggap darurat. Aksi meliputi penyedotan air di beberapa rumah yang terendam banjir, membersihkan tanah longsor yang memutus akses jalan di Desa Teluk Gosong, dan proses evakuasi untuk rumah yang terkena longsor.

“Hari ini (9/6) tim terbagi di beberapa lokasi. Ada yang membersihkan gorong-gorong di RT satu Desa Gunung Sari dan ada yang membersihkan tanah longsor di Desa Sungai Taib yang berpotensi bahaya karena sudah mengenai rumah,” imbuh Hamas. (jpc/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...