Lima Juta Liter BBM Terbakar

Lima Juta Liter BBM Terbakar
Foto : Raka Denny/JAWA POS
JAKARTA - Kebakaran hebat terjadi di Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (18/1) malam. Sampai dini haru tadi, api masih berkobar dari salah satu tabung raksasa yang menampung lima juta liter BBM itu. Dikhawatirkan api menjalar ke tangki-langki lain yang daya tampungnya sama. Jarak antara tangki di Depot Plumpang berkisar 15 meter.

Berdasarkan laporan kebakaran yang diterima Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta, api diperkirakan berkobar sejak pukul 21.20 WIB. Sardi, salah satu petugas PMK, mengatakan, sebagian besar mobil pemadam kebakaran dari lima wilayah Kotamadya di DKI Jakarta dikerahkan untuk membantu pemadaman.

Pantauan koran ini di lapangan, api yang melalap depot itu mencapai ketinggian sekitar seratus meter. Kobaran api terlihat jelas hingga jarak lebih dari sepuluh kilometer. Warga di sekitar depot langsung berhamburan mengungsi karena khawatir api menjalar ke daerah pemrukiman. Tampak, beberapa ibu dan anak-anak menangis melihat kobaran api yang masih membesar. Panasnya kobaran api dirasakan warga yang menonton dari jarak 500 meter.

Menurut Gunawan, warga Tanah Merah yang berjarak sekitar 1,5 km dari Depot Plumpang, dia mendengar tiga kali ledakan sebelum mengetahui depot itu terbakar. Saat berusaha menyelamatkan diri, Gunawan mengaku harus menembus lautan manusia yang bercampur antara warga yang mengungsi dan warga yang menonton kebakaran. Gunawan mengaku melihat setidaknya dua tangki yang terbakar, petugas pemadam kebakaran tampak berusaha mematikan api.

JAKARTA - Kebakaran hebat terjadi di Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (18/1) malam. Sampai dini haru tadi, api masih berkobar dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News