Lima Makanan Ini Lebih Sehat Dimakan Mentah

Lima Makanan Ini Lebih Sehat Dimakan Mentah
Sayur-sayuran sehat, segar dan awet. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - Ada beragam cara memasak yang dinilai sehat, seperti mengukus, merebus, dan lainnya. Tapi ternyata ada beberapa makanan yang justru lebih sehat jika dikonsumsi secara mentah. Kandungan nutrisinya dianggap bisa lebih terjaga, karena tidak dimasak pada suhu panas.

“Sayuran mentah memiliki khasiat baik vitamin dan mineral yang baik, karena belum diolah sehingga kandungannya masih lengkap,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Beberapa orang memang suka mengonsumsi makanan mentah, misalnya lalap, karedok, dan salad. Namun tak sedikit juga yang menolak karena rasanya dinilai aneh, bahkan pahit.

Lalu, apa saja makanan yang perlu Anda makan dalam kondisi masih mentah?

1. Brokoli

Brokoli mengandung fitokimia sulforafan dalam jumlah tinggi, yang membantu mencegah kanker, penyakit jantung, peradangan, depresi, dan gangguan kesehatan berbahaya lainnya. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural Food and Chemistry menunjukkan, tubuh menyerap sulforafan lebih cepat ketika Anda mengonsumsi brokoli dengan cara mentah daripada dimasak.

Penelitian lain pada 2009 juga menemukan bahwa memasak brokoli dengan berbagai cara, termasuk microwave, merebus, dan menumis, menurunkan tingkat vitamin C di dalamnya. Jika Anda memang tidak suka mengonsumsi brokoli mentah, cobalah mengukusnya. Metode memasak ini dapat lebih menjaga kandungan nutrisi di dalam brokoli.

2. Bawang Merah

Kandungan nutrisinya dianggap bisa lebih terjaga, karena tidak dimasak pada suhu panas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News