Lima Menteri Lepas 18 Ribu Pemudik Gratis Sido Muncul

Lima Menteri Lepas 18 Ribu Pemudik Gratis Sido Muncul
Lima Menteri Lepas 18 Ribu Pemudik Gratis Sido Muncul

JAKARTA -
Ratusan orang memadati arena parkir barat Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran. Wajah mereka tampak sumringah, ada yang duduk-duduk santai sambil ngobrol bersama keluarga dan teman seprofesi, sebagian yang lain menikmati hiburan musik oleh sejumlah artis, seperti Donny Kusuma, Rieke Dyah Pitaloka, Vega, Yuni Shara, dan Ade Rai serta Lula Kamal.

Suasana ramai di PRJ pada Minggu (5/9/2010) memang tak seperti biasanya. Ya, para penjual jamu tersebut sengaja dikumpulkan oleh perusahaan jamu terbesar di tanah air, PT Sido Muncul guna diberangkatkan ke kampung halaman masing-masing dalam acara mudik gratis bareng Sido Muncul 2010. Kegiatan mudik yang diikuti para penjual jamu dan pedagang asongan yang tersebar di seluruh Jabodetabek ini tergolong luar biasa. Pasalnya, lebaran tahun ini mudik gratis merupakan yang ke 21 kali diadakan oleh perusahaan jamu modern terbesar asal Semarang itu.

Direktur Marketing Sido Muncul, Kris Irawan menuturkan, pihaknya menyediakan sebanyak 280 unit bus untuk mengangkut sekitar 18 ribu peserta mudik. "Tahun ini memang ada penambahan armada ketimbang tahun lalu dimana jumlah busnya hanya 270. Sebab, kami menambah kota tujuan baru yakni ke Yogyakarta," katanya.

Salah satu peserta mudik, Poniyem, penjual jamu asal Wonogiri, Jawa Tengah mengaku telah mengikuti penyelenggaraan mudik gratis ini sebanyak 12 kali. Menurut dia, kegiatan ini sangat membantu meringankan beban ongkos mudik ke kampung halaman. Dia juga tak harus berdesak-desakan mengantri tiket kereta api atau bus. "Enak karena tiap tahun dapat gratisan mudik," ujarnya. Apalagi, selama bulan puasa, dirinya beristirahat tak jualan jamu. "Paling kita ganti profesi jadi jualan kolak dan gorengan," imbuhnya.

JAKARTA - Ratusan orang memadati arena parkir barat Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran. Wajah mereka tampak sumringah, ada yang duduk-duduk santai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News