Lima Ribu Personil TNI Turun ke Kelud

Lima Ribu Personil TNI Turun ke Kelud
Lima Ribu Personil TNI Turun ke Kelud

jpnn.com - JAKARTA--Sebanyak 5 ribu personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dikerahkan ke Gunung Kelud, Jawa Timur (Jatim) untuk membantu korban erupsi gunung tersebut. Hingga kemarin (15/2), aktivitas erupsi Gunung Kelud telah menyebabkan empat orang tewas.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AD Brigjen TNI Andika Perkasa mengatakan bahwa 5 ribu pasukan yang digelar oleh Kepala Staf  AD (Kasad) Jenderal Budiman, berasal dari gabungan satuan terirorial dari Kodam 5 Brawijaya (Jawa Timur), Kodam 4 Diponegoro (Jawa Tengah), serta dari satuan Kostrad dan Kopassus. Selain mengerahkan 5 ribu personel militer, TNI juga menerjunkan dukungan lain berupa 31 truk angkutan, 23 set dapur lapangan, tim medis, dan alat komunikasi.

"Ini untuk menindaklanjuti perintah persiapan dari Kasad untuk antisipasi antisipasi kemungkinan erupsi Gunung Kelud," kata Andika.

Andika mengatakan bahwa kemarin Kasad bersama sejumlah perwira TNI AD berangkat menuju Solo dari Jakarta menggunakan angkutan kereta api Argo Dwipangga. Hal tersebut disebabkan karena Bandara Adi Sumarmo, Solo hingga kemarin masih ditutup sementara lantaran dampak abu vulkanik dari Gunung Kelud.

"Selanjutnya dari Solo Kasad beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan meninjau posko di Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Andika.(dod/ken)


JAKARTA--Sebanyak 5 ribu personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dikerahkan ke Gunung Kelud, Jawa Timur (Jatim) untuk membantu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News