Lima Rute Baru Segera Dibuka dari Bandara Samarinda

Lima Rute Baru Segera Dibuka dari Bandara Samarinda
Pesawat Garuda. Ilustrasi Foto: dok.JawaPos.com

jpnn.com, SAMARINDA - Setidaknya ada lima rute penerbangan baru ke luar Kaltim yang siap dibuka di Bandara APT Pranoto Samarinda. Sudah ada lima maskapai yang mengajukan slot time dan mendapat persetujuan. Mulai Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Batik Air, hingga Xpress Air.

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Wahyu Siswoyo memaparkan, rute penerbangan baru yang bakal dibuka, yakni Samarinda - Jakarta yang dilayani maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, dan Wings Air.

Adapun rute Samarinda-Surabaya dilayani Lion Air. Rute Samarinda-Makassar dilayani Garuda Indonesia dan Lion Air. Sedangkan Samarinda-Jogjakarta dilayani Xpress Air, dan rute terakhir Samarinda-Banjarmasin dilayani Garuda Indonesia. “Rute baru menyusul. Itu saja sudah lumayan banyak,” ujar Wahyu.

Dikatakan, pihaknya sudah mengizinkan tiap maskapai melayani rute penerbangan di Bandara APT Pranoto per 1 November 2018. Namun, tidak semua maskapai siap. Mereka masih harus menyiapkan sejumlah perizinan untuk mulai melayani penumpang di Bandara APT Pranoto. Seperti izin slot time dari bandara tujuan dan izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Garuda Indonesia, misalnya, baru siap melayani penerbangan di Bandara APT Pranoto pada 19 November 2018. Saat ini Garuda Indonesia masih melakukan survei bandara seperti kondisi terminal, dan runway. “Saya sarankan mulai cek penjualan tiket di situs resmi tiap maskapai. Jangan melalui aplikasi karena memang sudah ada tapi transit, dan harganya lebih mahal,” ujarnya.

Selain memastikan Bandara APT Pranoto segera membuka rute penerbangan baru, sebut dia, pihaknya saat ini berpacu untuk menyediakan personel. Hingga kemarin, sudah 100 orang yang direkrut dan mendapat pelatihan. Bandara yang semakin padat memerlukan pelayanan prima dari pengelola. “SDM (sumber daya manusia) sangat penting. Makanya pelatihan terus kami genjot. Sekitar 100 personel itu semua warga Kaltim,” tambah dia.

Ditemui terpisah, Distrik Manajer Lion Air Grup Kaltim Achmad Affandi menyatakan, pihaknya bakal membuka penerbangan baru melalui Bandara APT Pranoto. Permohonan slot time dari bandara tujuan di Surabaya, Jakarta, Makassar, bahkan Berau sudah disetujui.

Lion Air Group tinggal menunggu izin rute dari Kemenhub. “Persiapan sudah 75 persen. Kalau izin sudah terbit, persiapan di lapangan rampung. Segera kami umumkan ke masyarakat. Tiket kami jual secepatnya,” beber Affandi.

Lima maskapai penerbangan akan membuka rute baru dari dan ke Bandara APT Pranoto Samarinda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News