Lintasan Venus bak Tahi Lalat Cindy Crawford

Lintasan Venus bak Tahi Lalat Cindy Crawford
PLANET Venus terlihat seperti bintik hitam di muka matahari saat terjadi fenomena Transit Venus. Foto diambil di Jogja Astro Club, Soropadan, Jogjakarta, Rabu (06/06). Transit Venus merupakan fenomena langka melintasnya Planet Venus diantara matahari dan bumi, sehingga tampak sebagai bintik kecil di muka matahari. Fenomena serupa akan terjadi kembali pada 11 Desember 2117. Foto : Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja/JPNN
PARIS – Ada yang lain dengan penampakan matahari kemarin (6/6). Tak seperti hari-hari biasanya, sebuah titik hitam kecil terlihat di dekatnya. Benda berbentuk bulat itu seperti sedang menyeberangi surya dengan lintasan lurus. Fenomena unik itu terjadi selama sekitar enam jam dan 40 menit.

Para pakar astronomi di Eropa dan Australia menyebut peristiwa langka tersebut sebagai fenomena lintasan Planet Venus. Konon, hal itu hanya terjadi sekali dalam rentang waktu 105 tahun. ’’Tak seorang pun yang hari ini (kemarin, Red) menyaksikan peristiwa itu akan menyaksikannya kembali untuk kali kedua,’’ kata Robert Massey dari Royal Astronomical Society di Inggris.

Kemarin Massey menyaksikan lintasan Venus itu dari bukit Cotswold di wilayah baratdaya England. ’’Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup. Saya sangat beruntung bisa menyaksikan peristiwa ini,’’ ujarnya.

Venus terlihat melintasi matahari Selasa malam waktu Inggris (sekitar subuh WIB kemarin). Lalu, selama sekitar tujuh jam Venus tampak seperti bintik hitam kecil pada matahari.

PARIS – Ada yang lain dengan penampakan matahari kemarin (6/6). Tak seperti hari-hari biasanya, sebuah titik hitam kecil terlihat di dekatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News