Lion Buka Rute Solo-KL, Joglosemar Bakal Makin Beken

Lion Buka Rute Solo-KL, Joglosemar Bakal Makin Beken
Ilustrasi. Foto dok humas Lion Air

jpnn.com - jpnn.com - Akses dari luar negeri menuju destinasi Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) dengan ikon Borobudur semakin terbuka. Maskapan penerbangan Lion Air terhitung mulai Rabu (22/2) membuka rute baru penerbangan Solo-Kuala Lumpur.

Dalam sepekan ada tujuh kali penerbangan langsung dari Solo ke ibu kota Malaysia itu. "Terima kasih Lion Air, telah membuka jalur penerbangan ke Solo. Itu akan menambah pintu masuk ke Joglosemar," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Arief menuturkan, Lion akan menjadikan Bandara Adi Sumarmo Solo sebagai hub di wilayah selatan. Kapasitas bandara yang kini dikelola Angkasa Pura I itu memang masih terbuka lebar karena baru terisi 40 persen.

Sedangkan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta sudah overload. "Karena itu Solo berpotensi besar, karena masih terbuka lebar," ungkap Arief Yahya.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu mengatakan, langkah Lion Air itu merupakan keputusan yang menggembirakan bagi pariwisata. Sebab, dengan dibukanya penerbangan itu maka akses menuju destinasi di kawasan Joglosemar semakin terbuka.

Apalagi, di dalam rentetan destinasi Joglosemar ada Candi Borobudur. Saat ini Borobudur merupakan salah satu destinasi prioritas yang masuk dalam Sepuluh Bali Baru versi Kemenpar.

Jadwal penerbangan Solo-Kuala Lumpur pada pukul 10.40 WIB. Sedangkan rute Kuala Lumpur-Solo berangkat dari Malaysia pukul 14.50 waktu setempat. “Penerbangan dilayani setiap hari, ini akan menambah pintu masuk untuk destinasi kita," kata Vinsensius.

Pembukaan rute internasional dari Solo merupakan pengembangan jaringan konektivitas Lion Air di Solo yang menjadikan Bandara Adi Soemarmo sebagai penghubung. Pemanfaatan Bandara Adi Soemarmo sebagai bandara hub telah diresmikan oleh Menhub Budi Karya pada Oktober tahun lalu.

Akses dari luar negeri menuju destinasi Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) dengan ikon Borobudur semakin terbuka. Maskapan penerbangan Lion Air terhitung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News