Gandeng Le Minerale, Lions Club Kembali Gelar World Cleanup Day

Gandeng Le Minerale, Lions Club Kembali Gelar World Cleanup Day
Lions Club kembali mengelar kegiatan aksi bersih-bersih serentak di dunia (World Cleanup Day) pada tahun ini. Foto dok Lions Club

jpnn.com, JAKARTA - Lions Club kembali mengelar kegiatan aksi bersih-bersih serentak di dunia (World Cleanup Day) pada tahun ini.

World Cleanup Day adalah sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat.

Aksi bersih-bersih tahun ini merupakan yang keempat kalinya, yang dilakukan oleh Lions Club sejak 2017.

“Tema dari Aksi Bersih-Bersih tahun ini adalah Pilah Sampah dari Rumah yang berarti memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat bahwa menanggulangi masalah sampah dapat dilakukan dengan cara memilah sampah dari rumah,” ujar Ketua Komite Lingkungan Lions Clubs Liana Trisnawati.

Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah menjadi tema WCD tahun ini mengingat situasi dan kondisi masih dalam pandemi COVID-19, sehingga kegiatan aksi bersih bersih ini dilakukan dari rumah masing-masing, yaitu masyarakat melakukan pemilahan sampah di rumah, kemudian dikumpulkan dan dibawa ke Bank Sampah untuk ditimbang.

Kegiatan Pilah Sampah dari Rumah ini juga menjadi gerakan nasional dengan jumlah peserta sebanyak 300 di kordinir oleh Lions Club Distrik 307 A1 dan Bank Sampah serta perusahaan daur ulang di DKI Jakarta yang di ikuti oleh 100.000 orang yang tersebar di enam wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

“Tentu ini semua membutuhkan dukungan semua pihak, seperti yang sudah dilakukan juga oleh Le Minerale yang memang cepat sekali berdiskusi dengan kami dan langsung mengeksekusi kegiatan-kegiatan pemilahan sampah,” ujar Rosa Vivien Ratnawati selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) pada sambutannya di acara WCD, Sabtu (18/9).

Kegiatan aksi bersih-bersih tahun ini juga terselenggara dengan baik karena adanya kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak lintas sektoral, seperti Produsen Air Minum Dalam Kemasan Le Minerale, Chandra Asri, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI).

Mengandeng Le Minerale, Lions Club kembali mengelar kegiatan aksi bersih-bersih serentak di dunia (World Cleanup Day) pada tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News