Lisa Tekun Berjualan Juga Memotivasi Pasien

Lisa Tekun Berjualan Juga Memotivasi Pasien
Siti Nur Jazilah alias Lisa (kiri). Foto: FEDRIK TARIGAN/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA - Siti Nur Jazilah alias Lisa resmi meninggalkan RSUD dr Soetomo, tempat dia dirawat selama tujuh tahun. Seremonimal perpisahan Lisa dilakukan, Rabu (5/2) di ruang sidang direktur rumah sakit milik pemprov Jatim tersebut. Kesan mendalam dirasakan Lisa.

Lisa memasuki ruangan didampingi psikiater yang setia mendampinginya selama tujuh tahun dr Nalini Muhdi Agung SpKJ (K). Lisa terlihat sumringah dan percaya diri. Dia mengenakan batik bermotif warna biru berpadu celana legging hitam. Dengan santun dia menyalami satu per satu tim dokter rekonstruksi wajah (face off) serta Direktur RSUD dr Soetomo dr Dodo Anondo.
    
Dengan santai dia juga menjawab satu per satu pertanyaan wartawan. Lisa
menyadari, suatu saat dia pasti akan keluar dari rumah sakit dan tinggal di luar meski dia mengaku betah tinggal di rumah sakit. Di RSUD dr Soetomo, dia belajar banyak hal. Di sana, dia menanti saat-saat mendebarkan untuk menjalani operasi. Selama itu, emosinya naik turun.

"Selama di sini (RSUD dr Soetomo, Red) saya bergaul dengan banyak pasien. Saya mendengar keluh kesah mereka," ucapnya. Karena itu, jika nantinya manajemen RSUD dr Soetomo memberinya pekerjaan, dia siap diperbantukan untuk mendampingi pasien. Memberi harapan dan motivasi.

Selama ini, dia sudah memulai hal itu. "Saya cocoknya jadi semacam motivator gitu. Saya siap jika dibutuhkan pasien," ucapnya. Tak hanya itu, dia siap mengajarkan ketrampilan kepada pasien yang membutuhkan. Lisa juga mengaku siap bila harus mendampingi pasien anak sekalipun untuk melewati masa-masa sulit dalam menjalani pengobatan.

Di luar itu, Lisa sangat menyukai berjualan. Produk handicraftnya cukup banyak dan beragam. Mulai aksesoris seperti liontin, gelang, cincin, hingga kalung. Lisa rutin menjualnya jika ada berbagai even di rumah sakit. Rencananya, dia akan melanjutkan kegiatan serupa begitu memulai hidup barunya. "Saya sih sukanya jualan. Ada even pasti saya jualan," ucapnya. Namun, kata dia, banyak hal yang sejatinya bisa dia lakukan. Tak hanya jualan, tapi juga memotivasi pasien yang membutuhkan. Dia juga mengaku siap menghadapi masyarakat luas.

Ketua Tim Face Off RSUD dr Soetomo Prof dr Sjaifuddin Noer SpBP mengatakan, tidak akan melepas Lisa begitu saja. Paling tidak, seminggu dua kali Lisa diharapkan kontrol. Lisa juga bisa datang ke rumah sakit kapan saja. Apalagi, masih ada beberapa perbaikan seperti jaringan parut di leher, dagu, juga pembuatan alis. Operasi kecil itu bisa dikerjakan beberapa minggu ke depan.

Nah, apakah dengan dilepasnya Lisa mengindikasikan keberhasilan operasi face off" Sjaifuddin mengatakan, upaya yang dilakukan tim dokter masih dibawah normal. "Tingkat keberhasilannya baru 75 persen dari semestinya 90 persen," ujarnya. Namun, menurut dia, sulit sekali untuk mencapai tahap normal. "Itu mungkin hanya Tuhan yang bisa," imbuhnya.

Dia menegaskan, Lisa akan tetap dalam pantauan tim. "Kita tidak akan lepas sama sekali. Seperti disapih, kita akan pantau dia," ucap spesialis bedah plastik itu. Seremonial perpisahan Lisa berlangsung singkat dan khidmat. Sjaifuddin mengucapkan terimakasih mendalam kepada seluruh timnya. Termasuk, pemprov dan kemenkes yang mendukung operasi Lisa hingga ke-17 melalui bantuan jamkesmas dan jamkesda.

SURABAYA - Siti Nur Jazilah alias Lisa resmi meninggalkan RSUD dr Soetomo, tempat dia dirawat selama tujuh tahun. Seremonimal perpisahan Lisa dilakukan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News