Listrik Padam, Alat RS Rusak

Listrik Padam, Alat RS Rusak
Listrik Padam, Alat RS Rusak
BANJARMASIN – Janji PT PLN untuk tak memadamkan aliran listrik di rumah sakit, ternyata hanya janji belaka. Buktinya, aliran ke rumah sakit pun tetap mengalami pemadaman. Bahkan, akibat pemadaman yang tak menentu akhir-akhir ini telah menyebabkan peralatan medis milik RSUD Ulin Banjarmasin mengalami kerusakan.

“Rumah Sakit Ulin saat ini mendapatkan pemadaman listrik dari PT PLN, namun kami sudah mengantisipasi dengan memakai genset. Tapi, akibat pemadaman itu tetep saja telah menyebabkan beberapa peralatan medis rusak,” kata Wakil Direktur RSUD Ulin dr Ali Aseggaf, kemarin.

Tapi, ungkap dr Ali lagi, genset yang digunakan RSUD Ulin ini pun tak bisa memenuhi semua keperluan listrik yang memang diperlukan oleh rumah sakit terbesar di Kalsel itu.

Tentunya, dengan kebutuhan listrik yang begitu besar, lanjutnya, maka pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN sangat merugikan pihak RSUD Ulin. “Terutama apabila terjadi pemadaman aliran listrik secara mendadak tanpa pemberitahuan, karena genset tak bisa mengcover seluruh keperluan listrik di rumah sakit,” ucapnya.

Apalagi di rumah sakit, jelasnya, ada beberapa ruangan yang benar-benar tak boleh mengalami mati lampu, seperti kamar operasi, ICU, ICCU, serta ruangan-ruangan yang benar-benar perlu listrik.

Dr Ali pun mengungkapkan, akibat pemadaman aliran listrik mendadak ini, beberapa peralatan medis yang dimiliki RSUD Ulin mengalami kerusakan. “Untuk satu bohlam lampu operasi saja harganya mencapai Rp 11 juta. Dengan padamnya aliran listrik ini sudah beberapa bohlam lampu operasi kami yang mengalami kerusakan, belum lagi alat-alat medis yang lainnya,” pungkasnya. (mey)

BANJARMASIN – Janji PT PLN untuk tak memadamkan aliran listrik di rumah sakit, ternyata hanya janji belaka. Buktinya, aliran ke rumah sakit


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News