Literasi Digital Perlu Ditingkatkan sebagai Senjata Melawan Hoaks Menjelang Tahun Politik

Literasi Digital Perlu Ditingkatkan sebagai Senjata Melawan Hoaks Menjelang Tahun Politik
Kegiatan Literasi Digital yang mengusung tema Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial di Surabaya, Minggu (10/9/2023). Foto: Dok Kemkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani mengatakan teknologi digital makin berkembang pesat dan membawa kemajuan di berbagai bidang kehidupan manusia.

Oleh karena itu, diperlukan literasi digital untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari, juga menghindari risiko seperti penipuan, phising dan pencurian identitas.

Selain itu, literasi digital juga dapat membantu kita mengakses informasi dan memanfaatkan informasi tersebut dengan baik dan benar.

“Kemampuan memilih dan memilah informasi sangat krusial, terlebih dalam memasuki masa tahun politik di mana hoaks dan miss-informasi bertebaran setiap harinya,” kata Semuel Abrijani Pangerapan dalam kegiatan literasi digital di Ballroom HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya, Minggu (10/9/2023).

"Karena itu, Kemkominfo mengemban amanat dari Presiden Jokowi untuk menjadi garda terdepan dalam percepatan transformasi digital bangsa Indonesia," lanjutnya.

Semuel juga mengungkapkan bahwa Upaya meningkatkan literasi digital ini akan terus dilakukan hingga ke seluruh pelosok negeri tanpa terkecuali.

“Harapannya, pengetahuan literasi digital yang didapat melalui acara ini dapat diteruskan pada orang-orang di sekitar kita: orangtua, teman, rekan kerja kita serta masyarakat pada umumnya agar bangsa Indonesia makin cakap digital untuk Indonesia terkoneksi,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (14/9/2023).

Sekretaris Eksekutif Komsos Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Anthonius Steven Lalu mengatakan seiring dengan perkembangan teknologi, kita harus rendah hati, belajar, bekerja sama, beradaptasi, bertransformasi, dan berproduksi.

Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani mengatakan teknologi digital makin berkembang pesat dan membawa kemajuan di berbagai bidang kehidupan manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News