Liverpool Bikin Geleng-Geleng Kepala

Liverpool Bikin Geleng-Geleng Kepala
Tiga bintang Liverpool, Roberto Firmino (kiri), Xherdan Shaqiri (tengah) dan Mohamed Salah. Foto: liverpoolfc

jpnn.com, LIVERPOOL - Penantian Liverpool untuk sebuah gelar domestik yang sudah berlangsung selama 29 tahun mendekati titik akhir. Musim 2018-2019 ini menjadi periode yang sangat menyenangkan buat Kopites, fan Liverpool.

Ya, kali terakhir The Reds—sebutan Liverpool—menjadi juara Liga Inggris adalah musim 1989-1990. Nyaris tiga dekade silam! Setelah kompetisi paling elite Inggris itu berubah nama menjadi Premier League pada 1992-1993, capaian terbaik mereka hanya runner-up.

Hingga matchweek ke-20 kemarin (30/12), The Reds bercokol di puncak klasemen Premier League. Nyaman pula. Keunggulan atas lawan-lawan di peringkat kedua dan ketiga cukup jauh. Yang lebih membuat Kopites bangga, tim asuhan Jurgen Klopp itu tak terkalahkan.

Korban terbaru mereka adalah Arsenal. Di Anfield, The Gunners dihabisi dengan skor 5-1. Roberto Firmino menjadi hero dengan hat-trick masing-masing pada menit ke-14, 16, dan 65 dari titik penalti. Dua gol lain diciptakan Mohamed Salah (45+2'-pen) dan Sadio Mane (32'). Sedangkan gol hiburan Arsenal didapat dari kaki Ainsley Maitland-Niles (11').

Pelatih Arsenal Unai Emery geleng-geleng kepala melihat penampilan Liverpool. Menurut dia, Klopp berhasil mengubah wajah The Reds secara total pada musim keempatnya ini.

''Tiga tahun lalu saya bertemu dengan Klopp di final Europa League. Dan saya menang (musim 2015-2016 Emery melatih Sevilla, Red.),'' papar Emery dalam wawancara dengan BT Sport. ''Musim lalu, Liverpool ada di final Liga Champions dan saya rasa mereka berkembang sangat pesat dari sebelumnya,'' imbuh Emery.

Pengakuan dari pria asal Hondarribia, Spanyol itu seperti menegasikan bahwa Liverpool adalah penantang serius buat Manchester City dalam mempertahankan mahkota Premier League musim ini.

ESPN melacak alur perubahan besar Liverpool tahun ini dimulai dengan pemecahan rekor dunia untuk seorang pemain belakang. Virgil van Dijk digaet dari Southampton pada 27 Desember 2017 dengan harga selangit. Yakni GBP 75 juta (Rp 1,38 triliun).

Penentuan siapa yang paling layak merebut gelar Premier League musim ini bisa diketahu saat Liverpool bertandang ke markas Manchester City, 4 Januari nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News