Rabu, 23 Januari 2019 – 11:05 WIB

Liverpool Keropos di Lini Belakang

Sabtu, 12 Januari 2019 – 12:16 WIB
Liverpool Keropos di Lini Belakang - JPNN.COM

jpnn.com, BRIGHTON AND HOVE - Jarak Liverpool di puncak klasemen Premier League dengan Manchester City kini hanya empat angka (54-50). Nah, di saat harus selalu menang di 17 matchweek tersisa, lini belakang The Reds malah sedang goyah.

Yang terbaru adalah cedera hamstring kaki kiri Dejan Lovren ketika kalah 1-2 oleh Wolverhampton Wanderers di putaran ketiga Piala FA (8/1). Sebelumnya Liverpool sudah kehilangan Joe Gomez (retak tulang kaki kiri) dan Joel Matip (retak tulang selangka) pada Desember lalu.

Jelang matchweek 22 melawan Brighton & Hove Albion di Stadion Falmer malam ini (12/1), praktis Liverpool hanya punya satu bek tengah yakni Virgil van Dijk (siaran langsung beIN Sports 1/MNCTV pukul 22.00 WIB).

Karena Lovren cedera maka pelatih Liverpool Juergen Klopp harus melakukan 'audisi' siapa yang pantas berdampingan dengan Van Dijk di jantung pertahanan. Nama Fabinho menjadi nama terdepan sebagai tandem Van Dijk.

Fabinho sudah diujikan sebagai bek tengah oleh Klopp saat lawan Wolves. Pada enam menit laga, Fabinho bertandem dengan Lovren. Kemudian setelah Lovren dipapah keluar lapangan eks pemain AS Monaco itu bahu membahu dengan bek muda yang saat menjalani debut berusia 16 tahun 354 hari, Ki-Jana Hoever.

“Fabinho hanya membutuhkan waktu sedikit lagi buat nyaman dengan posisi (bek) ini. Waktu untuk adaptasi olehnya bukan satu masalah yang besar,” kata Klopp kepada Liverpool Echo.

Fabinho yang dibeli dari AS Monaco seharga EUR 50 juta (Rp 809,79 miliar) menjalani debut saat Liverpool bertemu PSG di matchday pertama Liga Champions (18/9). Masuk sebagai pengganti Sadio Mane, pemain kelahiran Campinas Brasil itu bermain satu menit. Fabinho kemudian sempat mengakrabi bangku cadangan namun jadi pemain reguler per Oktober.

Tidak musim ini saja sebenarnya Klopp melakukan penggeseran pemain yang bukan posisi aslinya. Fabinho adalah gelandang bertahan (DM) yang digeser menjadi bek. Pada musim 2015-2016 dan 2016-2017, Brasileiro lain Liverpool yakni Lucas Leiva pun menjalani peran yang sama dengan Fabinho. Gelandang bertahan disulap jadi bek tengah.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar