LLP-KUKM dan CCB Indonesia Beri Bimbingan Teknis Buat Mitra KUKM

LLP-KUKM dan CCB Indonesia Beri Bimbingan Teknis Buat Mitra KUKM
LLP-KUKM dan CCB Indonesia menggelar pelatihan untuk mitra KUKM. Foto: LLP-KUKM for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng CCB Indonesia menggelar pelatihan untuk mitra KUKM.

Acara yang digelar di ruang MakerSpace, Galeri Indonesia Wow, SME Tower Pancoran Jakarta Selatan ini mengusung tema Make A Smooth Handling for Your Business, atau peningkatan kinerja perusahaan melalui implementasi yang sistematis (Make A Smooth Handling For Your Business.

"Kerja sama ini dalam rangka sinergi program edukasi perbankan antara pelaku UKM dari LLP KUKM dengan CCB Indonesia,” kata Direktur Utama LLP KUKM Ahmad Zabadi di Jakarta, Rabu (19/4).

Menurutnya, dalam bimbingan teknis tersebut mitra KUKM binaan LLP-KUKM mendapatkan pengetahuan tentang cara mengelola usaha mikro kecil dan menengah hingga marketingnya. “LLP KUKM tidak pernah berhenti berusaha agar produk mitra binaan bisa makin bersaing di pasar global, salah satunya dengan memberikan bimbingan teknis atau pengembangan kapasitas semacam ini,” terang Zabadi.

Dia berharap, ke depannya produk KUKM memiliki daya jual yang tinggi. Tak hanya membidik pasar lokal namun juga mancanegara. “Itu yang akan terus kami upayakan,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Commercial and Retail Banking CCB Indonesia, Setiawati Samahita menjelaskan, pelatihan kepada para KUKM ditekankan pada literasi keuangan dan juga trading skill, sehingga cara berjualan mereka akan lebih tertata dan bagus. Ini merupakan bukti nyata kepedulian CCB Indonesia untuk memberikan edukasi perbankan ke masyarakat, khususnya pengusaha kecil.

“Pada tahap pertama kami kenalkan tentang financial statement. Jadi KUKM akan tahu bagaimana tentang keuangan, untung rugi atau sehat tidaknya keuangan mereka. Sedang tahap dua tentang marketing, bagaimana cara menjual, mempromosikan hingga menangani customer,” papar Setiawati Samahita.

Pihaknya berharap, pelatihan akan berkelanjutan. “Sehingga para KUKM bisa tumbuh dan berkembang bersama CCB Indonesia,” sambungnya.

Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng CCB Indonesia menggelar pelatihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News