Lokasi Sulit Dijangkau Bukan Alasan

Lokasi Sulit Dijangkau Bukan Alasan
Lokasi Sulit Dijangkau Bukan Alasan
JAKARTA - Pemerintah pusat diminta serius melakukan tanggap darurat pascagempa dan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat. Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saefuddin mengatakan tidak ada alasan bagi pemerintah untuk lambat melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi, termasuk soal lokasi yang sulit dijangkau.

"Lokasi yang sulit dijangkau bukanlah alasan. Kita tahu Wasior dan Mentawai tidak semudah dijangkau, seperti menjangkau Gunung Merapi yang bisa di akses ke Yogya dari Jakarta.

Tapi, jangan dijadikan alasan karena kesulitan geografis, lalu mengakibatkan bedanya perhatian pemerintah pusat. Di manapun bencana itu sama dan menelan korban warga negara kita," kata Lukman Hakim, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (27/10).

Lukman yang juga Ketua DPP PPP itu, menilai penanganan bencana Gunung Merapi sudah memadai. Namun, bencana Mentawai belum maksimal. "Di Gunung Merapi cukup memadai, tapi di Mentawai belum optimal, jangan dijadikan alasan karena kondisinya yang agak sulit dijangkau," cetusnya.

Menurut Lukman, kondisi Indonesia yang rawan terjadi bencana perlu dibentuk satgas penanggulangan bencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana. "Negara kita rawan bencana. karena kondisi ini, pemerintah harus all out menangani kasus-kasus bencana alam. Karenanya ke depan, harus ada satuan-satuan tugas yang sampai tingkat ke bawah di tanah air," paparnya.

JAKARTA - Pemerintah pusat diminta serius melakukan tanggap darurat pascagempa dan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat. Wakil Ketua MPR Lukman Hakim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News