Longsor di Mana-mana

Longsor di Mana-mana
Longsor. Foto: Dok

jpnn.com - BOGOR – Seharian kemarin longsor terjadi di mana-mana. Ada empat titik lokasi yang kemarin diterjang longsor akibat hujan deras seharian itu. Lokasi itu antara lain, Lebak Kantin di RT3/10, Kelurahan Kedung Halang, dan Kelurahan Bubulak di RT3/7.

Dilebak kantin dua rumah ambruk diterjang longsor di Lebak Kantin RT 2/5, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun satu motor tertimbun reruntuhan dan tebingan sepanjang 20 meter dengan tinggi 10 meter longsor. Dua rumah tersebut milik Karno dan Nita. Satu unit motor milik Nita tidak bisa diselamatkan.    

Longsor itu terjadi tepat pukul 10:00, kejadian bermula ketika hujan deras yang terus mengguyur sejak pagi, akibatnya talud yang menyangga dua rumah itu ambruk dan menarik dua rumah warga. Pengghuni rumah panik dan langsung menyelamatkan diri dan barang-barang berharganya. Warga langsung menghubungi tim Tagana. Tidak lama kemudian Tim tagana berjumlah 20 orang mengevakuasi dan mengamankan area longsor. Tim Tagana dibantu warga bersusah payah mengevakuasi satu unit motor yang tertimbun reruntuhan.

Setelah selesai mengevakuasi, tim langsung menutupan area longsoran dengan terpal. Tim mengalami kendala dalam menutup keseluruhan bagaian longsoran karena terhalang pohon yang tumbang diarea lokasi longsoran itu. Tim kemudian memotong pohon tumbang itu menggunakan gergaji mesin.

“Kejadiannya jam 10:00, talud yang memiliki tinggi sekitar 10 meter ambruk, benteng turun jatuh ke bawah , dan satu motor tertimbun reruntuhan, untung tidak ada korban jiwa. Dan tak lama tim Tagana datang dan menutup lokasi longsor dengan terpal,” kata Ketua RT2/5 Agus kepada Radar Bogor, kemarin.

Wakil Ketua Tagana Kota Bogor Andry mengatakan, menurunkan 20 personil dengan sistem roling, karena hari ini banyak terjadi bencana longsor di Kota Bogor ini. “Kami memasang terpal untuk melihat pergerakan tanah jika mengalami penurunan akan terlihat,“ katanya.

Tidak hanya di Lebak Kantin yang terjadi longsor, ada beberapa titik yang terjadi bencana longsor pada hari ini seperti di RT3/10, Kelurahan Kedung Halang yang menimpa rumah Muhidin, dan Kelurahan Bubulak di RT3/7, dengan kondisi rumah yang tak bisa dihuni lagi.(cr28/c)


BOGOR – Seharian kemarin longsor terjadi di mana-mana. Ada empat titik lokasi yang kemarin diterjang longsor akibat hujan deras seharian itu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News