Longsor, Rumah Warga Tertimbun Tanah

Kerugian Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Longsor, Rumah Warga Tertimbun Tanah
Longsor, Rumah Warga Tertimbun Tanah
KUNINGAN - Hujan lebat yang turun terus menerus dalam sepekan terakhir ini, mengakibatkan sejumlah bencana alam di Kabupaten Kuningan. Yang terkini adalah kejadian longsor di Desa Singkup, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Untungnya, dalam musibah tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 18.30 itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja kerugian yang diderita warga mencapai ratusan juta rupiah.

Akibat musibah bencana tanah longsor itu, Uus yang tinggal di RT 04/02 Kampung Mangunjaya, Desa Singkup, Kecamatan Pasawahan itu rata dengan tanah. Selain meluluhlantakkan rumah Uus, longsor juga menerpa rumah Ny Aan yang letaknya bersebelahan dengan Uus. Saat kejadian, istri Uus, Ny Eti dan ketiga anaknya berhasil menyelamatkan diri. Uus sendiri tidak berada di rumah karena sedang merantau ke Jakarta.

Ny Eti menceritakan, peristiwa itu berawal saat hujan yang mengguyur di desanya, Jumat (11/3). Sebelum maghrib, dirinya mendengar bunyi gemuruh dari belakang rumahnya yang berupa tebing dengan pohon bambu di atasnya. Tak lama beberapa urugan tanah meluncur dari atas tebing disusul tumbangnya pohon bambu. Takut terjadi hal yang tidak diinginkan, Ny Eti dibantu tetangganya langsung menyelamatkan diri ke luar dari rumah.

Selang beberapa menit kemudian, suara berbunyi makin kencang. Kemudian, tebing itu menerjang rumah yang ada di bawahnya. “Kejadiannya sangat cepat. Awalnya terdengar seperti tanah yang urug, kemudian banyak pohon tumbang. Saya khawatir jika tebing longsor, makanya langsung menyelamatkan diri bersama anak-anak. Kalau masih di dalam rumah, saya tidak tahu nasib anak-anak dan saya sendiri,” katanya.

KUNINGAN - Hujan lebat yang turun terus menerus dalam sepekan terakhir ini, mengakibatkan sejumlah bencana alam di Kabupaten Kuningan. Yang terkini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News