Kamis, 22 Agustus 2019 – 08:00 WIB

Lorenzo Ogah Ambil Risiko

Jumat, 16 Juli 2010 – 06:31 WIB
Lorenzo Ogah Ambil Risiko - JPNN.COM

AMAN - Jorge Lorenzo tampak santai di sela GP Inggris beberapa waktu lalu. Foto: Motorcyclenews.com.

SACHSENRING - MotoGP 2010 makin dekat dengan kepastian hadirnya juara baru. Pembalap Fiat Yamaha Jorge Lorenzo makin nyaman berada di puncak klasemen pembalap. Dengan koleksi lima kemenangan, termasuk kemenangan beruntun dalam tiga balapan terakhir, Lorenzo bisa disebut sudah bisa menarik nafas lega dalam persaingan.

Hingga tujuh balapan yang berlangsung, Lorenzo sudah mengumpulkan 165 poin. Itu membuatnya unggul 52 poin dari rival terdekatnya, pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Dengan kondisi tersebut, dia dipastikan masih berada di puncak klasemen dalam dua balapan berikutnya.

Nah, karena itulah, Lorenzo bisa sedikit santai menuju dua balapan menjelang jeda musim panas ini, yaitu MotoGP Jerman akhir pekan ini, serta Laguna Seca di Amerika Serikat (AS) dua pekan berikutnya.

Dalam tiga balapan terakhir, Lorenzo memang begitu tangguh. Pembalap Spanyol itu berhasil melakukan sapu bersih di Inggris, Belanda, serta Catalunya (Spanyol). Catatan tersebut juga masih ditambah dengan sapu bersih pole position. Tak urung, itu menunjukkan Lorenzo dan Yamaha YZR-M1 yang ditungganginya sulit ditandingi.

Tapi, Lorenzo hampir tak memiliki memori manis saat balapan berlangsung di Sachsenring. Sejak memasuki grand prix motor di 125 cc, dia belum sekalipun menang di sirkuit dengan panjang lintasan 3,671 km itu. "Sachsenring merupakan sirkuit yang saya sukai, namun saya belum pernah menang di sana. Situasinya sama dengan Laguna Seca. Jadi saya sangat bersemangat dengan dua tantangan menarik ini, sebelum kompetisi memasuki masa rehat," ujar Lorenzo.

Tahun lalu, Lorenzo nyaris menang di sana. Namun, rekan setimnya Valentino Rossi yang akhirnya menjadi juara dunia 2009, harus menjadi yang terdepan. Saat melintasi garis finis, Rossi waktu itu unggul 0,099 detik dari Lorenzo.

"Sachsenring merupakan sirkuit yang cukup sulit dan menjadi salah satu lintasan terpendek di MotoGP. Kami tidak tahu seperti apa cuacanya di hari balapan nanti. Bisa sangat panas, namun mungkin lebih baik bila hujan," lanjut pembalap bernomor 99 ini.

Namun, Manajer Lorenzo di tim Fiat Yamaha, Wilco Zeelenberg memberikan peringatan kepada Lorenzo. Menurutnya, juara dunia 250 cc dua kali itu tak perlu terlalu bernafsu mengejar kemenangan. Baginya, meraih podium saja sudah cukup baik untuk menjaga posisi di puncak klasemen.

"Sachsenring merupakan sirkuit yang menarik, dan sepertinya Yamaha punya rekor bagus di sini. Jorge memang belum pernah menang. Bahkan faktanya, dia baru sekali naik podium di Sachsenring, dan menurut saya dia bukanlah favorit di sini," ujar Zeelenberg.

"Kami punya keunggulan 52 poin, jadi kami bisa lebih berhati-hati dan tak mengambil banyak risiko. Namun Jorge sedang dalam performa terbaik, jadi kami yakin bahwa balapan nanti akan memberikan hasil positif bagi kami," tambah Zeelenberg.

Di Sachsenring nanti, Lorenzo dan para pembalap lainnya bakal menyambut kembali kehadiran Valentino Rossi. Juara bertahan MotoGP itu sudah absen dalam empat balapan. Meski peluangnya untuk mempertahankan gelar makin tipis, kehadirannya di lintasan tetap akan membuat ramai persaingan. (ady)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar