LPDB Tawarkan Bank Nagari Jadi Fasilitator Dana Bergulir di Sumbar

LPDB Tawarkan Bank Nagari Jadi Fasilitator Dana Bergulir di Sumbar
Direktur Bisnis LPDB, Warso Widanarto memberikan sosialisasi tentang dana bergulir LPDB pada acara Temu Bisnis Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Tahun 2017. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) ingin menjadikan Bank Nagari sebagai fasilitator penyaluran dana bergulir kepada pelaku usaha sektor perikanan di wilayah Sumatera Berat.

LPDB membutuhkan mitra strategis untuk menyalurkan dana bergulir yang jumlahnya mencapai Rp 1,5 triliun.

"Bagaimana kami mendistribusikan (dana bergulir) ini ke para UKM khususnya sektor kelautan dan perikanan ini kan perlu ada fasilitator," kata Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Warso Widanarto di sela acara Temu Bisnis Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Tahun 2017 di Jakarta.

Turut Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Utama LPDB Kemas Danial, Direktur Umum dan Hukum LPDB Sutowo, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha PT PNM Arief Mulyadi, Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri, serta para SKPD dan perwakilan pelaku UKM.

Dalam kerja sama yang baru akan dijejaki Bank Nagari sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) akan menjadi lembaga keuangan perantara dalam menyalurkan dana bergulir kepada mitra di Sumbar, mengingat LPDB sebagai satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM tidak memiliki kantor cabang di sana.

"Jadi kami memberikan pinjaman ke Bank Nagari untuk diteruskan kepada pelaku usaha. Itulah fungsi kemitraan kami dengan Bank Nagari, kalau Bank Nagari-nya berminat silahkan kami buka kesempatan itu," imbuh Warso.

Warso mengungkapkan LPDB baru sebatas mewacanakan, tapi rencana kerja sama tersebut akan bisa terealisasi apabila ada permohonan resmi dari pihak Bank Nagari.

Selama ini kerja sama penyaluran dana bergulir di Sumbar, LPDB melibatkan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) maupun Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) ingin menjadikan Bank Nagari sebagai fasilitator penyaluran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News