LPES: Kebijakan Erick Thohir Terbukti Membawa Kemajuan Bagi BUMN

LPES: Kebijakan Erick Thohir Terbukti Membawa Kemajuan Bagi BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir.. Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai kerap mengeluarkan kebijakan dan terobosan yang berdampak positif bagi kemajuan BUMN.

Sekjen Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Santri (LPES) Ubaidillah Amin menilai Erick terus menjalankan transformasi di tubuh BUMN dengan tujuan agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel.

"Kinerja Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir terbukti membawa perubahan besar yang belum pernah dilakukan para menteri sebelumnya. Salah satunya dengan melakukan penggabungan perusahaan pelat merah agar berjalan efektif dan efisien," kata Ubaidillah Amin pada Jumat (17/6) .

Dia menyebut salah satu contoh proses merger beberapa BUMN besar sudah terealisasi dan memang menjadi mimpi pemerintah sejak lama sebelum pemerintahan Presiden Jokowi.

Selain itu, Ubaidillah menyampaikan hanya Erick Thohir secara tegas membubarkan perusahaan BUMN yang dianggap sudah tidak sehat dan tidak segan menyetop Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi BUMN yang tidak produktif.

“Pelaksanaan restrukturisasi BUMN yang tidak sehat berani dilakukan hanya di era menteri BUMN Erick Thohir, yang mana dahulu-dahulunya hanya dibiarkan dan disuntik PMN," ungkapnya.

Menurut dia, Erick Thohir memastikan PMN BUMN tepat sasaran, bahkan alokasinya pun dipastikan efektif.

Dengan begitu pemerintah tidak akan menyuntik PMN secara asal-asalan dan mempertimbangkan dampak operasional BUMN terhadap masyarakat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai kerap mengeluarkan kebijakan dan terobosan yang berdampak positif bagi kemajuan BUMN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News