LPSK Siap Lindungi Saksi Mafia Sepak Bola

LPSK Siap Lindungi Saksi Mafia Sepak Bola
LPSK Siap Lindungi Saksi Mafia Sepak Bola

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) siap melindungi pihak yang mengetahui adanya mafia sepakbola di Indonesia. Saksi-saksi itu adalah hasil temuan Tim 9.

"Kami menyambut baik langkah tim 9 yang merahasiakan identitas pihak yang mengetahui soal mafia sepak bola", ujar Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai, Jumat (8/5).
 
Namun LPSK berharap pihak yang mengetahui hal tersebut mau melapor secara resmi kepada aparat penegak hukum yang berwenang menangani kasus tersebut. Hal ini, kata Semendawai, dinilai penting karena pengungkapan suatu tindak pidana tidak bisa dilaksanakan oleh Tim 9, melainkan oleh aparat penegak hukum.

"Agar hasil temuan tim 9 sendiri tidak menjadi sia-sia, dan hanya berhenti pada rekomendasi", imbuhnya.

LPSK sendiri bekerja dalam ranah dukungan terhadap sistem peradilan pidana. Karenanya, imbuhnya, saksi maupun korban yang dilindungi pun harus sudah masuk dalam sistem peradilan pidana.

"Selain itu adanya ancaman serta pentingnya keterangan menjadi pertimbangan kami dalam memberikan perlindungan. Kami yakin jika ada pihak yang mau bersaksi bisa membantu semangat perbaikan sepak bola sebagai olahraga yang mendapat perhatian besar oleh masyarakat," pungkas Semendawai.
 
Sebelumnya, dalam laporannya ke Kemenpora, tim 9 menyatakan menemukan pihak yang mengetahui adanya mafia sepak bola Indonesia. Namun Ketua Tim 9, Imam Prasodjo merahasiakan identitas pihak tersebut sesuai dengan acuan UU Perlindungan Saksi dan Korban. (flo/jpnn)


JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) siap melindungi pihak yang mengetahui adanya mafia sepakbola di Indonesia. Saksi-saksi itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News