LSI Denny JA Tercatat Lebih Akurat Hasil Hitung Cepat

LSI Denny JA Tercatat Lebih Akurat Hasil Hitung Cepat
Tabel perbandingan Real Count KPU dan Quick Count lembaga survei secara lengkap. FOTO: Fathra/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pilkada DKI Jakarta 2017 bukan saja pertarungan bagi kandidat gubernur, tapi juga antar lembaga survei berkaitan dengan akurasi perolehan suara hasil quick qount.

Setidaknya di Pilkada DKI 15 Februari lalu ada 7 lembaga survei yang mempublikasi hitung cepat di berbagai media. Hasilnya, penghitungan LSI Denny JA diklaim paling akurat jika mengacu real count KPUD DKI.

Hasil real count KPU menunjukkan dukungan untuk pasangan Agus-Sylvi sebesar 17, 07 persen, Ahok-Djarot 42, 96 persen dan Anies-Sandi 39,97 persen. Bila dihadapkan pada hasil quick count lembaga survei, selisih absolut mereka berkisar antara 0,17 persen sampai 1,67 persen.

"Quick count LSI Denny JA kembali menunjukkan selisih absolut terkecil dibanding real count KPUD dengan selisih 0.17 persen," kata peneliti LSI Taufik Febri, di Jakarta, Minggu (19/2).

Urutan berikutnya diikuti SMRC dengan selisih 0,25 persen, Indikator dengan selisih 0,27 persen, Charta Politika 0,53 persen, Indo Barometer 0,55 persen, Cyrus Network 0,63 persen dan Pollmark 1,67 persen.

"Sebelumnya di quick count Pilpres 2014, LSI Denny JA juga paling akurat, dengan selisih terkecil 0,15 persen," tukas peneliti asal IPB itu.

Seperti yang sudah diprediksi quick count lembaga survei, real count KPU menyatakan pilkada DKI berlangsung dua putaran. Dua kandidat yang akan bertarung pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi.

Taufik mengak senang melihat perkembangan quick count lembaga survei dalam pilkada DKI 2017. Ketika pilpres 2014, quick count beberapa lembaga saling bertentangan mengenai pemenang.

Pilkada DKI Jakarta 2017 bukan saja pertarungan bagi kandidat gubernur, tapi juga antar lembaga survei berkaitan dengan akurasi perolehan suara hasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News