LSI: Keinginan Warga Menyoblos Menurun

LSI: Keinginan Warga Menyoblos Menurun
ilustrasi. FOTO: dok/jawapos

jpnn.com - SURABAYA - Berdasarkan hasil akhir perhitungan cepat oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bersama dengan Jaringan Isu Publik (JIP), calon incumbent masih mendominasi pada pilkada serentak di Jawa Timur. 

Hal itu terbukti dari hasil survei dan quick count di tiga daerah, Kabupaten Malang, Kabupaten Gresik dan Kediri.

Untuk pilkada Malang, pasangan Rendra Kresna-Sanusi masih unggul 52 persen dari pesaingnya Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi yang hanya memperoleh 44,02 persen. 

Selain itu, pada Pilkada Gresik, pasangan calon nomer 1, Sambari Halim-Muhammad Qosim yang memperoleh angka 70,08 persen. Pasangan itu menggungguli jauh pesaingnya Husnul Khuluq-Ahmad Rubai yang hanya mendapatkan angka 28,18 persen.

Meski begitu, kecenderungan warga menggunakan hak suaranya untuk pilkada kali  ini menurun. 

Menuut, peneliti LSI Imam Fauzi Surahmat, ada beberapa faktor yang menyebabkan warga enggan datang ke TPS. Salah satunya adalah kejenuhan publik terhadap perpolitikan saat ini.

Hasil akhir perhitungan suara oleh LSI dan JIP ini, dilakukan dengan pengambilan sampel secara acak terhadap 200 TPS di setiap daerah. (end/mas)


SURABAYA - Berdasarkan hasil akhir perhitungan cepat oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bersama dengan Jaringan Isu Publik (JIP), calon incumbent


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News