Senin, 18 Desember 2017 – 06:24 WIB

Luar Biasa, Bayi Lucu Ini Lahir dari Rahim Transplantasi

Senin, 04 Desember 2017 – 07:28 WIB
Luar Biasa, Bayi Lucu Ini Lahir dari Rahim Transplantasi - JPNN.COM

jpnn.com, TEXAS - Para dokter yang melakukan transplantasi rahim di Baylor University Medical Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS), bersukacita. Salah seorang pasiennya berhasil hamil dan melahirkan bayi laki-laki yang sehat bulan lalu.

Itu bayi pertama di AS yang lahir dari rahim hasil transplantasi. Pihak keluarga menolak memberitahukan nama si ibu dan tanggal kelahiran si bayi untuk menjaga privasi.

’’Ini adalah transplantasi yang berbeda dan jauh lebih sulit,’’ ujar Giuliano Testa, pemimpin transplantasi rahim di Baylor Annette C. and Harold C. Simmons Transplant Institute.

Rencananya, hari ini Senin (4/12), pihak rumah sakit menggelar konferensi pers untuk menjelaskan lebih detail tentang keberhasilan tersebut.

Berdasar laporan The New York Times, ibu si bayi tidak memiliki rahim sejak lahir. Dia baru menerima transplantasi tahun lalu. Proses transplantasi membutuhkan waktu sekitar 10 jam. Masing-masing 5 jam operasi pada pendonor dan penerima rahim.

Testa mengungkapkan, awalnya dirinya tidak yakin transplantasi itu bakal berhasil karena kondisi penerima donor. Tidak disebutkan dengan pasti apa yang membuatnya pesimistis.

Pendonor yang memberikan rahim untuk ibu si bayi adalah Taylor Siler. Perempuan 36 tahun itu suster di Dallas dan tidak memiliki hubungan darah dengan ibu si bayi.

Sejak 2014, sudah ada empat bayi yang lahir dari transplantasi rahim. Tetapi, seluruhnya berada di Swedia. Tepatnya di Sahlgrenska University Hospital, Gothenburg.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
loading...
loading...
Komentar