Luar Biasa, China Siapkan Rp 3,3 T untuk Tujuan Mulia

Luar Biasa, China Siapkan Rp 3,3 T untuk Tujuan Mulia
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: AFP

jpnn.com, KUNMING - Presiden China Xi Jinping mengumumkan peluncuran dana senilai 1,5 miliar yuan (sekitar Rp3,3 triliun) untuk mendukung perlindungan keanekaragaman hayati di negara-negara berkembang, Selasa.

Xi menyampaikan pidato secara virtual pada KTT keanekaragaman hayati COP15 di Kunming, China, di mana para diplomat, ilmuwan, dan ahli konservasi bertemu dengan tujuan membentuk kesepakatan global untuk menghentikan dan memperbaiki kerusakan alam.

"Negara berkembang membutuhkan bantuan dan dukungan, dan solidaritas harus diperkuat untuk memungkinkan negara berkembang mendapat keuntungan dengan cara yang lebih adil," kata Xi.

Presiden Xi mengatakan kontribusi China untuk Dana Keanekaragaman Hayati Kunming akan dimulai dari 1,5 miliar yuan dan kontribusi pihak lain disambut baik.

Dia juga mengumumkan rencana untuk mengonsolidasikan sistem taman nasional di China, proyek pertama yang akan melindungi lahan seluas 230.000 km persegi.

Daerah ini adalah rumah bagi hampir 30 persen spesies satwa liar darat utama yang ada di China, kata Xi.

Para ahli memperingatkan bahwa upaya China untuk melestarikan keanekaragaman hayati di dalam negeri belum diimbangi dengan upaya untuk membersihkan rantai pasokan globalnya atau memulai investasi berkelanjutan di luar negeri.

Li Shuo, penasihat iklim senior di Greenpeace China, mengatakan dana tersebut "harus mendorong pembicaraan yang sangat dibutuhkan tentang pendanaan keanekaragaman hayati".

Presiden Xi mengatakan kontribusi China untuk Dana Keanekaragaman Hayati Kunming akan dimulai dari 1,5 miliar yuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News