Luar Biasa! Pertamina dan Garuda Sukses Uji Terbang Pesawat Komersial dengan Bioavtur

Luar Biasa! Pertamina dan Garuda Sukses Uji Terbang Pesawat Komersial dengan Bioavtur
Pesawat Boeing 737-800 melakukan uji coba terbang menggunakan Bioavtur J2.4 menuju Pelabuhan Ratu. Tangerang, Banten. Rabu (4/10). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina dan Garuda Indonesia berhasil melakukan uji terbang pertama pesawat komersial menggunakan bahan bakar ramah lingkungan Sustainable Aviation Fuel (SAF).

Kerja sama ini merealisasikan komitmen Pertamina dan Garuda untuk berkontribusi aktif pada program penurunan emisi karbon.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan uji coba penggunaan SAF jenis Bioavtur J2.4 ini merupakan bagian dari komitmen serta upaya berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam mendukung berbagai inisiatif dekarbonisasi yang salah satunya dilaksanakan melalui penjajakan penggunaan SAF pada lini operasional penerbangan Garuda Indonesia.

“Ini adalah milestone yang sudah kami tunggu-tunggu," kata Irfan dalam keterangan tertulis, Selasa (10/10).

Menurut Irfan, hal ini tentunya menjadi optimisme tersendiri bagi langkah bersama untuk merealisasikan mimpi besar mewujudkan green energy pada ekosistem aviasi nasional untuk mendukung komitmen Indonesia dalam mencapai net zero emission yang diproyeksi dapat terealisasi pada 2060 mendatang.

Uji terbang pertama tersebut dilaksanakan Rabu (4/10) lalu di hanggar 4 Garuda Maintenance Facility AeroAsia, kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

SAF diuji dengan tahapan ground round dan flight test pada pesawat komersial berjenis Boeing 737-800 NG dengan nomor registrasi PK-GFX, milik maskapai Garuda Indonesia.

Uji terbang dilakukan selama satu jam dengan melintasi area udara Pelabuhan Ratu, di mana pesawat kembali terbang dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pertamina dan Garuda Indonesia sukses melakukan uji terbang pesawat komersial dengan menggunakan SAF jenis bioavtur J2.4

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News