Luar Biasa! Pertamina Raih Peringkat 2 Rating ESG Dunia

Luar Biasa! Pertamina Raih Peringkat 2 Rating ESG Dunia
Ikhtiar tanpa henti dalam menerapkan aspek ESG di seluruh lini bisnis mengantarkan PT Pertamina (Persero) meraih peringkat 2 Rating ESG dunia. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Ikhtiar yang dilakukan PT Pertamina (Persero) tanpa henti dalam menerapkan aspek environment, social and governance (ESG) di seluruh lini bisnis tak sia-sia hingga mengantarkan perusahaan tersebut meraih perbaikan skor ESG.

Pertamina meraih posisi nomor 2 secara global dalam kategori oil and gas.

Pada Oktober 2022, Pertamina menerima peringkat Risiko ESG 22.1 dari Lembaga ESG Rating Sustainalytics dan dinilai berada pada tingkat risiko medium dalam mengalami dampak keuangan material dari faktor-faktor ESG.

Peringkat Risiko ESG menempatkan Pertamina berada di peringkat kedua secara global dalam sub-industri integrated oil & gas oleh Sustainalytics, yang mana posisi ini melonjak tinggi dari peringkat nomor 8 dari 54 perusahaan yang sama pada tahun lalu.

Selain itu, pada kategori industri oil & gas producer, peringkat Pertamina juga meningkat tajam dari ranking 15 pada tahun lalu, naik ke peringkat 7 dari 254 perusahaan global.

“Peningkatan ranking dalam pemeringkatan ESG secara global ini menjadi pemicu bagi kami untuk dapat terus meningkatkan dampak positif perusahaan bagi lingkungan dan masyarakat, dan sekaligus menjadi kado HUT Pertamina yang telah berusia 65 tahun,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Menurut Nicke, upaya Pertamina sepanjang tahun 2022 untuk melakukan dekarbonisasi, memproduksi energi yang ramah lingkungan dalam rangka mengatasi perubahan iklim telah memberikan dampak positif bagi kinerja ESG perusahaan.

Selain itu juga penguatan aspek keselamatan kerja, tata kelola perusahaan, pemberdayaan masyarakat, dan lain-lain.

Ikhtiar tanpa henti dalam menerapkan aspek ESG di seluruh lini bisnis mengantarkan PT Pertamina (Persero) meraih peringkat 2 Rating ESG dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News