Luar Biasa! UMKM Pertamina Raup Transaksi Rp 15 Miliar di TEI 2023

Luar Biasa! UMKM Pertamina Raup Transaksi Rp 15 Miliar di TEI 2023
Sebanyak 30 UMKM Pertamina sukses mencatat transaksi hingga Rp 15 miliar di TEI 2023. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pameran The Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 yang berlangsung 18–22 Oktober 2023 di ICE-BSD, Tangerang, resmi berakhir.

Sebanyak 30 UMKM Pertamina sukses mencatat transaksi hingga Rp 15 miliar disertai adanya sejumlah komitmen transaksi yang akan ditindaklanjuti UMKM pascapameran.

“Kemarin saya baru menyelesaikan izin ekspor, LOI (Letter of Intent) dan dokumen pengiriman barang,” ujar Erna Sari, UMKM Ayam Penyet Bandung setelah dirinya sukses mendapatkan buyer asal Dubai.

Ajang TEI ini juga menjadi sejarah bagi Erna Sari, karena untuk pertama kalinya dirinya berhasil memperoleh pesanan sebanyak 400 karton atau setara 16 ribu botol sambal dari buyer luar negeri.

“Negosiasinya alot banget, dari siang sampai sore hari. Beruntung saya didampingi tim dari Pertamina sehingga kendala perhitungan harga dan kendala bahasa tidak masalah,” ungkapnya.

Tidak cukup sampai di situ, UMKM Ayam Penyet Bandung juga kedatangan pengusaha asal Malaysia dan bersepakat untuk membuka cabang usaha di Negeri Jiran.

Fandri Christanto, UMKM Bintang Anugrah Krupuk Cassava asal Mojokerto mengaku kaget saat booth-nya dikunjungi banyak buyer.

“Saya sampai berkeringat dingin, karena mendapatkan pesanan krupuk singkong hingga 20 feet dari buyer asal Tunisia,” ujar Fandri sumringah.

Sebanyak 30 UMKM Pertamina sukses mencatat transaksi hingga Rp 15 miliar di TEI 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News