Luar Biasa, Untar Sukses Pertahankan Klaster Mandiri Perguruan Tinggi untuk Kinerja PKM

Luar Biasa, Untar Sukses Pertahankan Klaster Mandiri Perguruan Tinggi untuk Kinerja PKM
Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan melalui salah satu riset unggulannya berupa pemanfaatan serat alam untuk pembuatan prosthesis (kaki palsu) berkontribusi mengantarkan Untar mempertahankan predikat Klaster Mandiri untuk kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Foto: Dokumentasi Untar

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Tarumanegara (Untar) berhasil mempertahankan posisi tertingginya sebagai perguruan tinggi dengan Klaster Mandiri untuk kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Hal ini tidak terlepas kontribusi Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan melalui salah satu riset unggulannya bersama berbagai karya penelitian dosen dan mahasiswa lainnya.

Kepastian Untar masuk dalam Klaster Mandiri di tahun keenam pada 2024 ini berdasarkan Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbudristek Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023 tertanggal 28 Desember 2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi.

Prof Agustinus mengungkapkan Untar secara aktif melaksanakan penelitian, PKM, dan publikasi dalam rangka mendukung kinerja perguruan tinggi yang dipimpinnya tersebut.

Selanin itu, mendukung pencapaian 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mewujudkan pembangunan dunia bagi kesejahteraan manusia secara global.

Salah satu penelitian yang dikembangkan dan mendapatkan hibah dari Kemendikbudristek adalah pemanfaatan potensi lokal Indonesia untuk pembuatan prosthesis (kaki palsu) berbahan dasar serat alam.

Prof Agustinus mengatakan kaki palsu yang merupakan hasil penelitian ini memberi manfaat karena menggunakan potensi lokal Indonesia yang melimpah, seperti serat bambu atau rotan yang belum termanfaatkan secara optimal, dapat didaur ulang, dan ramah lingkungan.

"Selain itu, pastinya produk yang dihasilkan ini berbiaya murah sehingga terjangkau bagi masyarakat,” kata Prof Agustinus.

Untar sukses mempertahankan predikat Klaster Mandiri untuk kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau PKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News