Luhut Berharap Anies Segera Paham soal Reklamasi Teluk Jakarta

Luhut Berharap Anies Segera Paham soal Reklamasi Teluk Jakarta
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan siap menjelaskan soal reklamasi Teluk Jakarta, kepada Anies Baswedan yang selangkah lagi menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Luhut mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan proses yang baru terkait reklamasi. Hal itu akan dia jelaskan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih nanti.

"Kami sudah ada proses yang baru, nanti disampaikan, dilihat. Tentu harus dengan baik-baik dijelaskan. Mungkin Pak Anies belum tahu data yang banyak," ujar Luhut di kompleks Istana Negara, Kamis (20/4).

Dia berharap dengan adanya penjelasan secara rinci terkait proses reklamasi Teluk Jakarta, Anies segera memahami. "Saya kira setelah lihat datanya dari hasil penelitian tentu bisa dipahami lebih jernih. Harus bicara untuk kepentingan nasional, kepentingan Jakarta juga," ujar Luhut.

Pihaknya menambahkan bahwa reklamasi perlu dilakukan karena posisi Jakarta semakin menurun di bawah permukaan laut. Setiap tahun penurunannya bisa 17,5 cm sampai 23 cm di beberapa lokasi.

Sebelumnya, dalam sebuah debat Pilkada DKI, Anies sempat menyatakan penolakan terhadap reklamasi Teluk Jakarta. Dia juga tidak akan mengajukan banding untuk pulau-pulau yang telah dibatalkan pengadilan TUN. (fat/jpnn)


Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan siap menjelaskan soal reklamasi Teluk Jakarta, kepada Anies Baswedan yang selangkah


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News