Luhut Binsar: Kita Masih Kalah dengan Malaysia atau Tiongkok

Luhut Binsar: Kita Masih Kalah dengan Malaysia atau Tiongkok
Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan ada dua hal penting yang perlu dikerjakan oleh seluruh pemerintah desa di wilayah Indonesia.

Kedua hal penting itu, yaitu adanya pengembangan sumber daya manusia yang berada di desa dan transformasi ekonomi desa.

Terkait transformasi ekonomi desa, Luhut menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Untuk itu, dia menyarankan kepala desa harus mencari orang-orang yang bisa disekolahkan agar nantinya mampu menaikkan daya ekonomi dari desa tersebut.

"Untuk teman-teman di desa, bantu desa kalian dengan mengembangkan sumber daya manusia agar terjadi inovasi dan juga industri di desa kalian. Sekolahkan mereka, karena itu akan mampu menaikkan kesejahteraan dan perekonomian desa," tegas Luhut Binsar dalam dalam Silaturahmi Nasional Desa (Silatnas) 2022 Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Selasa (29/3).

Luhut juga menyampaikan pendidikan di desa perlu ditingkatkan untuk mendorong kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan desa.

Hal itu lantaran mayoritas penduduk pedesaan, atau lebih dari 80 persen tenaga kerjanya berada di sektor pertanian dan hanya lulusan SMA/SLTP.

Untuk itu, dana desa yang sudah terus meningkat sejak 2015 perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam peningkatan kondisi ekonomi desa.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan dalam riset Indonesia masih kalah dengan Malaysia atau Tiongkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News