Mendagri Tito Beberkan Langkah Presiden Jokowi untuk Pemerataan Pembangunan Desa

Mendagri Tito Beberkan Langkah Presiden Jokowi untuk Pemerataan Pembangunan Desa
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Presiden Joko Widodo memiliki komitmen serius terhadap pembangunan desa.

Menurut dia, Jokowi telah melakukan langkah nyata dalam mewujudkan pemerataan dan penguatan pembangunan desa.

Adapun langkah yang telah dilakukan Jokowi ialah menyusun strategi implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kemudian, Jokowi juga membentuk Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT).

Selain itu, Menteri Tito juga menyebut Jokowi telah mendorong alokasi dana desa untuk mewujudkan percepatan pembangunan desa.

"Berdasarkan data, sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2021, total dana desa yang telah dialokasikan mencapai lebih kurang Rp 400,65 triliun," kata Tito dalam Silaturahmi Nasional (Silatnas) Desa oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

Angka tersebut dinilai telah mendekati Rp 700 triliun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dari pusat untuk provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia.

Tito menjelaskan bentuk keseriusan Presiden Jokowi bisa terlihat dari jumlah alokasi anggaran yang diberikan kepada desa, yaitu Rp 68 triliun pada 2022.

Mendagri Tito Karnavian membeberkan langkah Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan pembangunan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News