Lukman Niode Meninggal Dunia, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda Berbelasungawa

Lukman Niode Meninggal Dunia, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda Berbelasungawa
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Foto: FPKB DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Mantan atlet Olimpiade Indonesia Lukman Niode (56) meninggal dunia di RS Pelni, Jakarta, Jumat (17/4) siang diduga akibat sakit paru-paru.

“Kami menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet Olimpiade Indonesia, Lukman Naiode yang diduga karena terjangkiti Covid-19. Semoga dedikasi almarhum ke dunia olahraga menjadi inspirasi banyak anak bangsa,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda dalam siaran persnya kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Pada kesempatan itu, Syaiful secara khusus meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga serta KONI benar-benar menyosialisasikan bahaya wabah corona (Covid-19) di kalangan atlet dan mantan atlet Indonesia.

Dia menjelaskan Lukman Niode yang akrab disapa Lucky tersebut merupakan atlet dari cabang renang yang pernah berlaga di Olimpiade Los Angles, Amerika Serikat, 1984 silam. Selain itu, Lucky sempat menjadi pemegang rekor Asia untuk nomor renang gaya punggung 100 meter.

Setelah pensiun, Lucky juga tetap mengabdikan diri di dunia olahraga Indonesia. Terakhir dirinya pernah menjadi salah satu panitia Asian Paragames 2018 Indonesia.

“Sudah tidak terhitung medali emas yang dia raih saat aktif menjadi atlet renang Indonesia baik di ajang nasional maupun internasional. Bahkan saat pensiun dari dunia renang, dedikasi beliau ke dunia olah raga juga tidak luntur,” katanya.

Huda mengatakan dari informasi yang dia terima, Lucky meninggal karena masalah di paru-paru. Namun ada dugaan yang bersangkutan meninggal karena terjangkit Covid-19.

Menurutnya, fakta ini menjadi bukti jika ancaman bahaya Covid-19 memang nyata dan harus menjadi pengingat bagi semua kalangan utamanya para atlet dan mantan atlet untuk terus berhati-hati dalam beraktivitas hari-hari ini.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya Lukman Naiode, atlet cabang renang yang pernah berlaga di Olimpiade Los Angles, AS, 1984 silam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News