JPNN.com

Luluran Setiap Hari? Ketahui Dampaknya pada Kulit

Senin, 03 Juni 2019 – 22:20 WIB Luluran Setiap Hari? Ketahui Dampaknya pada Kulit - JPNN.com

jpnn.com - Luluran telah dikenal sejak lama sebagai salah satu metode perawatan kulit untuk mempercantik diri. Tak sedikit kaum wanita yang rela meluangkan waktunya demi melakukan luluran setiap hari karena dianggap akan membuat kulit lebih cantik dan bersih. Namun, apakah luluran setiap hari benar-benar bisa mempercantik kulit tanpa memberikan dampak lain?

Luluran adalah salah satu metode scrubbing dengan mengoleskan bahan lulur ke area kulit disertai dengan pemijatan. Tujuan utama dari jenis perawatan kulit ini adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Luluran juga termasuk dalam metode eksfoliasi (pengelupasan) kulit dengan cara mekanik menggunakan bahan lulur. Pengelupasan kulit sendiri dapat ditempuh dengan empat cara, yaitu kimia, chemical peeling, mekanik hingga mencabut rambut.

Sel-sel kulit mati yang menumpuk bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan terasa kasar saat diraba, sehingga bila sel-sel kulit mati diangkat dari kulit akan membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan lembut.

Sebenarnya, kulit memiliki kemampuan untuk melepaskan sel kulit matinya sendiri, yang dikenal sebagai siklus kulit. Regenerasi kulit ini normalnya terjadi setiap 28 hari, diartikan sebagai sel kulit dari dasar hingga sampai puncak mati membutuhkan waktu selama 28 hari.

Manfaat luluran

Selain bisa menjaga kecantikan, luluran ternyata juga dapat menjaga kesehatan. Luluran dapat berfungsi untuk mencerahkan, melembapkan, menghaluskan, melembutkan, bahkan melawan tanda-tanda penuaan. Dengan melakukan luluran, tubuh akan terasa lebih rileks dan segar. Pijatannya bisa meningkatkan sirkulasi darah yang akan berdampak positif pada kulit maupun tubuh.

Manfaat lain dari luluran juga bergantung dengan bahan yang terkandung dalam produk lulurnya. Biasanya, bahan lulur terdiri dari partikel kecil seperti pasir yang membantu menghilangkan sel kulit mati.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...