Lulusan SMA Dominasi Jumlah Pengangguran, Ini Datanya

Lulusan SMA Dominasi Jumlah Pengangguran, Ini Datanya
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - NUNUKAN – Pengangguran di Nunukan ternyata didominasi lulusan SMA/SMK sederajat. Berdasarkan data BPS Nunukan, jumlahnya menyentuh angka 47,46 persen.

Kepala BPS Nunukan Agung Nugroho mengatakan, untuk 2015 lalu sebenarnya angka pengangguran termasuk menurun dibanding 2014 l. Tercatat angka pengangguran 2014 sebesar 5,70 persen.

Sedangkan pada 2015 sebesar 3,78 persen. Namun, selama 2015 angka penggangguran yang tertinggi dari segi pendidikan adalah lulusan SMA/SMK sederajat.

“Dinamika angka penganguran ini terjadi karena berbagai faktor. Apa lagi jumlah lapangan kerja yang tersedia umumnya lebih kecil, ditambah pertumbuhan penduduk turut bertambah,” kata Agung Nugroho.

Dia menjelaskan, pengaruh angka pengangguran meningkat bisa terjadi dari tingkat pertumbuhan ekonomi. Para pencari kerja tentu ingin menyesuaikan dengan pendapatan yang ingin didapatkan.

Alhasil, mereka harus menunggu pekerjaan yang benar-benar cocok untuk dirinya.

Solusi untuk mengurangi angka pengangguran untuk tingkat pendidikan SMA/SMK sederajat harus tercipta sektor yang padat dari konsumsi, keuangan atau sektor perdagangan dan jasa berskala besar.

“Saat ini yang mendominasi adalah lulusan SMA, seharusnya lowongan pekerjaan harus banyak pada sektor yang mampu menampung para lulusan SMA tersebut,” ujarnya.

NUNUKAN – Pengangguran di Nunukan ternyata didominasi lulusan SMA/SMK sederajat. Berdasarkan data BPS Nunukan, jumlahnya menyentuh angka 47,46

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News