Lulusan SMK Harus Siap 'Go International'

Kemendiknas Gelar LKS 2010

Lulusan SMK Harus Siap 'Go International'
Lulusan SMK Harus Siap 'Go International'
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) telah memasang target agar siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa ‘go international’. Hal itu dilakukan demi mendorong peningkatan kualitas dan kompetensi siswa SMK.

Staf Khusus Mendiknas Bidang Komunikasi Media, Sukemi, menyatakan, dalam rangka menciptakan siswa SMK yang siap bersaing di dunia internasional, Kemendiknas akan menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK yang akan diikuti sebanyak 1.700 peserta dan 1.000 pendamping pada 14-16 Mei 2010 mendatang di Pekan Raya Jakarta. Lomba itu akan dilaksanakan dalam skala sesungguhnya dan bukan skala laboratorium. "Artinya kalau ada lomba di bidang otomotif atau teknologi memperbaiki diesel, maka dieselnya yang tampil di sana (lomba)," katanya saat konferensi pers di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (12/5).

Lomba tersebut, kata Sukemi adalah bagian dari seleksi nasional untuk para pemenang yang akan dikirim mengikuti lomba tingkat internasional. Dijelaskan pula, lomba ini dirangkai dengan kegiatan pameran hasil produk SMK bekerjasama dengan industri. Selain itu, pada ajang tersebut juga ada rekrutmen awal bagi lulusan SMK atau bagi siswa-siswa yang saat mengikuti lomba sudah dilirik oleh industri.

Sementara Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Joko Sutrisno, mengatakan, setiap tahun siswa juara LKS SMK akan dilatih selama beberapa bulan oleh tim khusus guna dipersiapkan mengikuti lomba di even internasional. “Menariknya, siswa SMK asal Indonesia tidak mengecewakan karena sudah beberapa kali mendapat juara,” ujar Joko.

JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) telah memasang target agar siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa ‘go

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News