Lumayan, Jakarta-Surabaya 15 Jam

Lumayan, Jakarta-Surabaya 15 Jam
Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA--Para pemudik tahun ini benar-benar dimudahkan. Betapa tidak, jalur Jakarta-Surabaya yang biasanya ditempuh dalam waktu 18 jam, kini bisa dihemat sekitar tiga sampai empat jam. Ini lantaran dibukanya beberapa tol baru yang membuat waktu banyak dihemat.

"Saya biasanya kalau ke Surabaya makan waktu dua hari. Itu posisi baru sepekan sebelum lebaran. Sekarang malah cuma sehari setengah sudah sampai," kata Dwi Setiawan, pemudik asal Surabaya, Senin (13/7).

Tahun lalu, lanjutnya, rute yang ditempuh terasa panjang dan ruwet karena harus melewati Indramayu dan Cirebon yang terkenal macet. Dengan adanya tol Cipali, daerah macet tersebut tidak dilewati.

Demikian juga tol Pejagan-Pemalang, pemudik lebih menghemat waktu karena exit tolnya sudah ke Tegal. Sampai di Semarang, pemudik juga dimudahkan dengan adanya tol Semarang-Surabaya yang exit tolnya ke Semarang Timur sehingga lebih dekat jalur Pantura.

"Ini pemudik lebih nyaman karena waktunya banyak dihemat meskipun macet," tuturnya.

Hal sama diutarakan Supriono, pemudik asal Surabaya. Lelaki setengah baya ini mengaku tiap selalu mudik menggunakan mobil pribadi sehingga merasakan perbedaan besar tahun ini dengan sebelumnya.

"Ini waktunya banyak sekali dihemat. Tahun ini juga macetnya tidak separah tahun lalu," ujar Supriono yang tinggal di Tangerang. (esy/jpnn)


SURABAYA--Para pemudik tahun ini benar-benar dimudahkan. Betapa tidak, jalur Jakarta-Surabaya yang biasanya ditempuh dalam waktu 18 jam, kini bisa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News