Luncurkan Buku 'Peluang Karier Industri Film Indonesia', Ini Harapan Mas Nadiem

Luncurkan Buku 'Peluang Karier Industri Film Indonesia', Ini Harapan Mas Nadiem
Peluncuran dan bedah buku "Peluang Karier Industri Film Indonesia” yang terintegrasi dalam tiga jilid buku. Foto: Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan buku “Peluang Karier Industri Film Indonesia” yang terintegrasi dalam tiga jilid buku.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, buku tersebut merupakan salah satu upaya yang telah diinisiasi insan perfilman di tengah kecamuk pandemi. Buku ini dinilainya penting sebagai rujukan bagi para pelaku perfilman nasional.

“Hadirnya tiga jilid buku Peluang Karier Industi Film Indonesia ini bisa menjadi rujukan baik di dalam dunia pendidikan maupun industri perfilman,” ujar Mas Nadiem, sapaan Nadiem Makarim, dalam peluncuran dan bedah buku secara daring, Rabu (18/8).

Menteri Nadiem mengapresiasi upaya para insan perfilman dan berharap buku yang disusun sejak 2020 ini dapat memperkaya wawasan para pelaku industri perfilman, terutama pemahaman tentang ragam profesi, regulasi, serta istilah-istilah yang saat ini berkembang dalam industri perfilman nasional.

Dia juga menekankan, dalam membangun dunia perfilman yang berkualitas diperlukan pembinaan terhadap sumber daya manusia di bidang perfilman yang konsisten disertai dengan semangat juang yang tinggi, gotong royong, dan inovasi dari pemerintah bersama segenap insan perfilman nasional.

“Kemendikbudristek bersama segenap insan perfilman memiliki tanggung jawab untuk memastikan agar kualitas SDM perfilman terus terjaga,” ujarnya. 

Menteri Nadiem berharap peluncuran buku ini bisa membuka jalan bagi produksi pengetahuan lainnya di industri film dan menjadi penghubung antara dunia pendidikan dengan dunia industri perfilman. 

Senada itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, penyusunan buku tentang perfilman ini diinisiasi atas dasar pentingnya memberikan pemahaman yang lebih praktis kepada masyarakat dan membuka mata semua pihak yang terlibat dalam produksi film. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim atau Mas Nadiem menyampaikan harapannya dalam peluncuran buku Peluang Karier Industri Film Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News