Luncurkan Jokowi App untuk Tangkal Hoaks

Luncurkan Jokowi App untuk Tangkal Hoaks
Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin. Ilustrasi: JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Kiai Ma’ruf Amin (TKN Jokowi - Ma’ruf) meluncurkan aplikasi berisi beragam konten tentang pasangan calon nomor 01. Aplikasi itu bernama Jokowi App yang diluncurkan di Jakarta, Sabtu (17/11) malam.

Erick Thohir selaku ketua TKN Jokowi - Ma’ruf mengatakan, aplikasi itu juga untuk menangkal hoaks dan fitnah yang menyasar kandidat dari kubu petahana itu. “Kalau mau tahu apakah berita terkait Pak Jokowi bohong atau tidak, bisa dilihat langsung Jokowi App,” ujar  Erick saat peluncuran Jokowi App di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan.

Erick menambahkan, Jokowi App juga memuat seluruh kegiatan kampanye nasional Jokowi - Maruf. “Jadi kami ingin menjadikan pemilu ini pesta demokrasi bukan untuk menakut-nakuti rakyat,” kata Erick ditimpali aplaus hadirin.

Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong menjelaskan, Jokowi App terdiri dari enam kanal. Yakni Lebih Dekat Jokowi, Kerja Jokowi, Lebih Dekat KH Maruf Amin, Indonesia Maju, Sudut Pandang dan Suaraku.

Selain itu, aplikasi itu juga akan dilengkapi permainan atau game yang menyediakan poin dan bisa ditukar dengan merchandise. “Semua ini untuk mendekatkan masyarakat kepada Jokowi-KH Maruf Amin,” ujarnya.

Namun, kata Usman, untuk saat ini Jokowi App baru bisa diunduh di Google Play untuk ponsel dengan sistem operasi berbasis Android. Rencananya, aplikasi itu juga bisa diunduh di App Store untuk gadget buatan Apple.

“Kami sudah mendaftarkan ke Apple Store (iOS). Jadi tinggal menunggu waktu saja untuk bisa diunduh di App Store,” kata Usman.

TKN juga meluncurkan website www.01jokowiamin.id yang bisa digunakan masyarakat untuk menyalurkan donasi bagi pemenangan Jokowi-Kiai Maruf. Bendahara TKN Wahyu Sakti Trenggono menjelaskan, mekanisme aplikasi web donasi itu sudah terintegrasi dengan peraturan KPU tentang dana kampanye. 

Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Kiai Ma’ruf Amin (TKN Jokowi - Ma’ruf) meluncurkan aplikasi berisi beragam konten tentang pasangan calon nomor 01.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News